Berita
Daftar Berita
Mengiringi perayaan hari-hari besar umat Hindu, Prodi D-IV Angkatan 63 telah turut serta hadir di pulau dewata untuk melangsungkan kegiatan pencacahan lapangan. Kegiatan dibuka dengan penyambutan hangat oleh BPS Provinsi Bali. Penyambutan mahasiswa D-IV Angkatan 63 ini disimbolkan dengan terlaksananya apel pembukaan secara serentak di berbagai wilayah Provinsi Bali.
Setelah prosesi apel pembukaan selesai, tiap-tiap tim langsung menuju wilayah Blok Sensus masing-masing dengan pendampingan mitra BPS. Kehadiran mitra ini membantu tim mengurus perizinan, mengenali medan dan batas wilayah, serta memberikan pengenalan singkat terkait tata cara listing dan wawancara dengan responden, khususnya di wilayah Bali. Tanpa berlama-lama, mulai dari hari Jumat (1/ 3) hingga Senin (4/3), tiap-tiap tim langsung melakukan listing ke seluruh penjuru Bali. Beberapa tim bahkan telah melakukan pengambilan sampel dan memulai wawancara pada hari terakhir listing, yakni Senin (4/3).
Proses listing yang begitu penat tidak mematahkan semangat mahasiswa. Dengan arahan dan bantuan dari BPS serta ketua lingkungan setempat, seluruh tim dapat melakukan pengambilan sampel dan memulai pencacahan lapangan pada Senin (4/3) hingga Jumat (8/3). Tidak berbeda dengan sebelumnya, pada proses pencacahan ini, mahasiswa semakin gencar bergerak dari pagi hingga malam untuk mendapatkan data-data yang akurat. Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa meskipun kegiatan berlangsung hingga malam hari, mahasiswa senantiasa menjaga sopan santun agar responden pun nyaman dan tidak terganggu.
Untuk menutup pengalaman “mencacah” Pulau Dewata ini, pada hari kepulangan, tiap mahasiswa diberikan waktu luang untuk pergi membeli oleh-oleh serta mengunjungi tempat-tempat indah di pulau Bali. Pada akhirnya, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha dan pengalaman tak terlupakan ini akan terus terkenang di Pulau Dewata. Terima kasih kepada mahasiswa D-IV Angkatan 63 atas segala jerih payah dan usahanya pada kegiatan pencacahan lapangan. Ingat, PKL masih belum usai, dan perjalanan data kalian pun masih belum selesai! Semangat dan jangan pernah menyerah!!
Dalam rangka membuka kegiatan lapangan, pada Jumat (1/3) lalu, dilangsungkan Apel Pembukaan secara serentak di berbagai wilayah di Provinsi Bali. Apel Pembukaan Utama dilangsungkan di halaman BPS Provinsi Bali dan dihadiri oleh mahasiswa dari wilayah Denpasar, Badung, dan Gianyar. Tidak hanya mahasiswa saja, Apel ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi BPS serta dosen-dosen Politeknik Statistika STIS.
Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang disambung dengan Mars Statistik serta Mars Politeknik Statistika STIS. Setelah menyanyikan Indonesia Raya, acara dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala BPS Provinsi Bali, Ibu Endang Retno Sri Subiyandani S.Si, M.M. Dalam Sambutannya, disampaikan bahwa seluruh BPS di wilayah Provinsi Bali akan senantiasa memberikan pendampingan dan bantuan kepada mahasiswa selama pelaksanaan lapangan.
Penyampaian sambutan dari Kepala BPS Provinsi Bali kemudian diikuti oleh pemberian amanat dari Pembina Apel, Bapak Ir. Atqo Mardiyanto M.Si. Pada sesi penyampaian amanat ini, Bapak Atqo selaku Sekretaris Utama BPS RI secara simbolik membuka kegiatan lapangan PKL D-IV Angkatan 63 ini, Pembukaan kegiatan secara simbolik dilakukan dalam bentuk penyerahan dan pemakaian jaket PKL D-IV Angkatan 63.
Selanjutnya, sebagai bentuk kenang-kenangan dan tanda kerja sama antara Politeknik Statistika STIS dan BPS Provinsi Bali, dilakukan penyerahan plakat kepada BPS Provinsi Bali, BPS Kota Denpasar, Kab. Badung dan Kab. Gianyar. Mengakhiri kegiatan apel pembukaan, dilakukan dokumentasi bersama dengan seluruh mahasiswa Politeknik Statistika STIS yang hadir sebagai peserta.
Pada Selasa (27/02), telah dilaksanakan Apel Pelepasan PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS. Apel dimulai pukul 16.15 usai jam perkuliahan berakhir. Acara dilaksanakan di Auditorium dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa D-IV 63 Politeknik Statistika STIS.
Apel dimulai dengan persiapan barisan yang dipimpin oleh petugas SPD. Seperti prosedur apel biasanya, selanjutnya seluruh peserta apel menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistik STIS secara bersama-sama. Setelah dilakukan pembacaan pancasila, Pembina Apel, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., melakukan pelepasan mahasiswa secara simbolik dengan penyematan jaket. Dilanjutkan dengan pembacaan amanat, Bu Erni menyampaikan harapan bahwa seluruh mahasiswa dapat melewati PKL dengan lancar di tengah tantangan kondisi masyarakat yang dapat dikatakan tidak stabil. Beliau juga berpesan untuk senantiasa menjaga kekompakan terutama dalam menyelesaikan target pencacahan. Selain itu, hal yang ditekankan Beliau pada amanat kali ini adalah prinsip dan kaidah statistik yang harus dipegang mahasiswa dalam menjalankan tugas pada PKL nanti. Sebelum apel ditutup, seluruh peserta apel melakukan doa bersama dan dokumentasi.
Mahasiswa Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 yang akan melaksanakan PKL di Provinsi Bali tentu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi medan saat pencacahan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara dan pertolongan seperti apa yang dapat diberikan, diadakanlah “Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama” yang mengusung tema “Tetap Aman saat Praktik Kerja Lapangan”. Seminar ini dilaksanakan pada Jumat (23/02) pukul 13.00 WIB bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS.
Acara dibuka oleh Bob Louis Manurung dan Cecilia Putri Dianti Samosir selaku MC dari Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS oleh mahasiswa dan tamu undangan yang hadir. Ketua PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo, memberikan sambutan dan semangat kepada teman-teman angkatannya menjelang hari pelaksanaan PKL ini. Sambutan pun turut diberikan oleh Wakil Direktur I Politeknik Statistika STIS, Prof. Setia Pramana, S.Si, Ph.D. Beliau menyampaikan kepada peserta seminar untuk memperhatikan materi dengan baik agar saat pelaksanaan lapangan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu Pelatihan Safety Riding dan Pertolongan Pertama. Sesi pertama, yakni Pelatihan Safety Riding, dimoderatori oleh I Kadek Purna Widyarta. Untuk pemberi materinya ialah Wakasat Lantas Polres Metropolitan Jakarta Timur, AKP Sunaryo, S.H., M.H.; Kanit Kamsel Sat Lantas Metropolitan Jakarta Timur, AKP Budi Lestari; dan Tim Jasa Raharja Jakarta Timur. Pihak Sat Lantas Metropolitan Jakarta Timur memberikan materi mengenai etika dan tata cara berlalu lintas, seperti bagaimana menjadi pengemudi yang baik dan bertanggung jawab. Lalu, diberikan pula ilustrasi mengenai tata tertib lalu lintas yang diperbolehkan dan dilarang. Sementara itu, pihak Jasa Raharja memberikan informasi mengenai data kecelakaan lalu lintas tertinggi dan bagaimana proses pengajuan klaim jasa raharja ketika mengalami kecelakaan.
Setelah sesi pertama, dilanjutkan sesi kedua yakni materi pertolongan pertama yang dimoderatori oleh Pretty Melati Pardede. Materi pada sesi kedua ini disampaikan oleh perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur sejumlah dua orang, Suheri dan Achmad Zulfikar Uluputty. Pihak PMI menyampaikan mengenai pertolongan pertama apa yang dapat diberikan ketika terjadi sakit atau cedera/kecelakaan. Dalam penyampaian materi juga diselingi dengan praktek secara langsung yang tentunya menambah antusiasme mahasiswa dalam memperhatikan materi pertolongan pertama ini. Diakhir sesi, diadakan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat serta plakat dari pihak kampus ke PMI Jakarta Timur. Akhirnya, acara Seminar Safety Riding dan Pelatihan Pertama pun resmi berakhir.
Pelaksanaan PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 sudah di depan mata. Demi kelancaran dan kemudahan pelaksanaan kegiatan PKL, diadakan Doa Bersama bagi mahasiswa Politeknik Statistika STIS Prodi D-IV yang beragama Islam, Kristen, dan Hindu. Kegiatan doa bersama agama Islam dan Kristen telah dilaksanakan pada Jumat (23/02), sedangkan doa bersama agama Hindu dilaksanakan pada Sabtu (24/02).
Doa Bersama Rohis untuk mahasiswa beragama Islam dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meetings pada pukul 06.30 sampai 09.00 WIB. Doa Bersama ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, tilawah oleh Rohmad Ali Fatur Rizki, penyampaian kajian oleh Bapak Nasrudin, serta pembacaan doa oleh Rifky Maulana Putra. Pada kegiatan ini, mahasiswa muslim mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan selama berada di Bali.
Sementara itu, di ruang 348 Politeknik Statistika STIS, tepatnya pukul 11.30 WIB, dilaksanakan juga Doa Bersama Rohkris. Kegiatan ini berisi doa pembuka, menyanyikan lagu pujian, pembacaan firman, penyampaian renungan, doa syafaat, penutup, serta berkat. Dilanjut pada hari Sabtu (24/02) pukul 17.00 WIB dilaksanakan Doa Bersama Rohin di Pura Aditya Jaya Rawamangun. Pelaksanaan doa bersama ini bertepatan dengan Hari Purnama Sasih Kesanga. Kegiatan ini selesai pukul 20.00 WIB.
Tinggal menghitung hari kegiatan PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS dilaksanakan, pembekalan materi mengenai etika komunikasi dan wawancara untuk mahasiswa kembali diselenggarakan. Kegiatan seminar dilaksanakan pada hari Jumat (23/02) secara daring. Seminar diikuti oleh seluruh mahasiswa D-IV 63 Politeknik Statistika STIS. Seminar ini juga dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur, beserta jajaran dosen pembimbing PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS.
Acara dibuka oleh Imella Mendita Sandi selaku Master of Ceremony dan dilanjutkan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS secara khidmat. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Operasional PKL, Sultan Hadi Prabowo, yang menyampaikan harapan supaya seluruh mahasiswa memperhatikan seminar dengan baik sebagai bekal pelaksanaan di lapangan nantinya. Direktur Politeknik Statistika STIS, Ibu Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., juga memberikan sambutan dilengkapi dengan ungkapan “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” sebagai pengingat bagi mahasiswa sehingga kegiatan PKL dapat berjalan dengan lancar.
Bersambung dengan Seminar Etika dan Komunikasi Wawancara yang telah dilaksanakan tempo hari, seminar kali ini masih membahas hal yang sama dengan tema yang lebih spesifik, yaitu “Strategi Komunikasi dalam Wawancara yang Efektif Berdasarkan Perspektif Budaya Bali”. Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M. Sc., MMA, Rektor Universitas Dwijendra, dan dipandu oleh Rechtiana Putri Arini selaku moderator. Prof. Gede Sedana menyampaikan bahwa komunikasi terbentuk dari hubungan saling tergantung dari dua pihak, tidak semata-mata alasan manfaat, melainkan berkaitan dengan sisi psikologis dan proses komunikasi. Beliau menekankan bahwa dalam komunikasi yang efektif, selain diperlukan kemampuan berbicara, pewawancara harus belajar untuk mendengar.
Etika komunikasi yang berbudaya membutuhkan rasa kepercayaan yang dapat dibangun melalui sikap saling menghargai dan saling mengerti. Hal tersebut dapat didukung melalui busana yang sesuai, pemilihan waktu wawancara yang tepat, dan penjagaan emosi yang baik. Pemilihan kata dan bahasa yang dapat dimengerti, serta tingkah laku yang sopan juga merupakan kunci untuk dapat diterima dengan baik oleh responden sehingga responden bersedia memberikan jawaban wawancara yang tepat. Oleh karena itu, dengan bekal materi pada seminar kali ini, diharapkan mahasiswa dapat menyesuaikan diri untuk melakukan komunikasi dan wawancara dengan tetap berpegang pada kearifan lokal yang berkembang di masyarakat Bali.
Seusai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab, penyerahan sertifikat kepada pemateri, dan dokumentasi. Pada penutupan seminar kali ini, mahasiswa juga diharuskan mengikuti post-test untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami materi.
Pada hari Sabtu (28/01) serta Sabtu-Minggu (3-4/01) dilangsungkan pelatihan Inkamp ( Instruktur Kampus) yang bertempat di ruang kelas Politeknik Statistika STIS. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dengan empat materi utama, yakni materi analisis, pengolahan, metodologi dan kuesioner. Pelatihan berlangsung secara aktif dipimpin oleh Intama (Instruktur Utama) sebagai pengajar sekaligus pemimpin diskusi. Intama menegaskan bahwa fokus utama dari pelatihan Inkamp ini adalah penegasan konsep dan definisi serta penekanan pada kasus-kasus batas. Pada tiap pelatihan diadakan pre-test dan post-test untuk mengukur kepahaman Inkamp terhadap materi yang diajarkan.
Hari pertama pelatihan dibuka dengan penjelasan dasar-dasar PKL, yakni materi dari seksi Analisis yang dilanjutkan materi dari seksi pengolahan. Pada hari pertama ini, seluruh Inkamp dibagi menjadi tiga kelompok kecil yang diajar oleh 2 Intama pada masing-masing kelasnya. Tiap intama menyampaikan materi dengan detail, mulai dari latar belakang, tujuan penelitian, unit analisis, hingga pengolahan data dan pengujian validitas serta reliabilitasnya. Hari pertama pelatihan hanya berlangsung setengah hari, yakni dari pukul 8 pagi hingga 12.30 siang.
Berbeda dengan sebelumnya, pada hari kedua, pelatihan berlangsung hanya pada satu kelas yang sama, tidak terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Pada pelatihan hari kedua ini, ada beberapa dosen yang turut hadir mengawasi jalannya pelatihan. Materi yang dipaparkan adalah terkait metodologi, mulai dari proses pemilihan sampel hingga listing. Pelatihan dan diskusi dipimpin oleh keenam intama secara bergantian. Pada hari kedua ini, sesi diskusi berlangsung lebih aktif daripada sebelumnya karena ditemukan beberapa kasus batas berdasarkan pengalaman listing di Survei Pendahuluan januari lalu.
Setelah menyelesaikan pelatihan terkait materi analisis, pengolahan, dan metodologi, pelatihan masuk ke materi terakhir, yakni kuesioner. Pada hari ketiga pelatihan, dilakukan pembahasan seluruh konsep dan definisi variabel pada kuesioner. Terdapat tiga kuesioner pada PKL kali ini, yakni Kuesioner KOR, Modul 1, dan Modul 2. Karena pembahasan cukup panjang, pelatihan hari terakhir ini berlangsung dari pagi hingga sore, yakni pukul 07.30 hingga 17.30. Pelatihan ini juga diawasi oleh beberapa dosen pembimbing sehingga jalannya pelatihan dapat menambah banyak informasi serta pesan-pesan baru dari sudut pandang dosen.
Mengawali berlangsungnya semester genap, Seminar Etika Komunikasi dan Wawancara I menjadi pembuka semangat baru bagi mahasiswa D-IV Angkatan 63. Seminar yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi D-IV beserta jajaran dosen pembimbing PKL ini dilangsungkan secara daring pada hari Jumat (19/01).
Acara dibuka dengan hangat oleh Hanun Nabila Azis selaku Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS. Setelah itu, acara disambung dengan rangkaian sambutan oleh Sultan Hadi Prabowo, Ketua PKL D-IV Angkatan 63, dan Prof. Setia Pramana, S.Si., Ph.D., selaku Wakil Direktur Politeknik Statistika STIS. Pada sambutannya, beliau mengungkapkan harapan, yakni agar setelah seminar ini berlangsung, mahasiswa dapat memiliki gambaran serta wawasan agar mampu diterapkan pada kegiatan lapangan nanti.
Setelah rangkaian sambutan selesai, acara masuk ke dalam sesi inti, yakni pemaparan materi dengan tema “Menggali Kearifan Lokal Bali: Strategi Komunikasi Melalui Kacamata Gen Z”. Prosesi pemaparan disampaikan oleh Bapak Ir. Dewa Made Suambara M. M. A., Kepala Bagian Umum Provinsi Bali, dan dipandu oleh Ni Putu Esti Utami Barsua selaku moderator. Dalam paparannya, Pak Dewa menyampaikan bahwa kunci dari pengumpulan data dari wawancara adalah terbangunnya kepercayaan dengan responden. Untuk mampu mendapatkan kepercayaan, diperlukan kemampuan dalam memahami materi, kebolehan probing, dan penyesuaian dengan keadaan di tiap-tiap rumah tangga.
Setiap daerah memiliki adat dan budaya masing-masing, termasuk juga Provinsi Bali. Untuk mampu menyesuaikan diri dengan keadaan responden, perlu pemahaman terlebih dahulu terhadap kebudayaan dan kebiasaan yang sering dijalani oleh masyarakat. Di Provinsi Bali sendiri, terdapat beberapa perbedaan tatanan struktur masyarakat, seperti adanya Subak dan Banjar. Oleh karenanya, dengan mengetahui kondisi masyarakatnya, diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah menyesuaikan situasi sehingga informasi yang didapatkan pun menjadi data yang berkualitas.
Pada hari Rabu (10/01) telah dilaksanakan Pelatihan Instruktur Utama melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh instruktur utama PKL D-IV T.A. 2023/2024. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari. Kegiatan dibuka oleh Tiara selaku MC dan dilanjutkan dengan pre-test selama 10 menit sebelum pelatihan dimulai. Materi pada pelatihan hari pertama ini adalah analisis yang dipaparkan oleh Lidya selaku koordinator analisis, yang kemudian dilanjutkan oleh Restu dan Aziz selaku koordinator modul analisis.
Pelatihan dilanjutkan di hari kedua pada Kamis (11/01) yang dibuka oleh Tiara selaku MC. Seperti hari pertama, kegiatan diawali dengan pre-test sebelum pemaparan materi. Bimo selaku pemateri memaparkan materi mengenai pengolahan secara umum, seperti overview dan pengolahan pra pencacahan. Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh Linda dan Naufal yang memaparkan materi mengenai pemrosesan, visualisasi, dan diseminasi data.
Pada hari ketiga (12/01), kegiatan pelatihan dibuka oleh Zahra Safira selaku MC. Seperti pada hari-hari sebelumnya, sebelum dilakukan pelatihan, peserta mengikuti pre-test selama 10 menit. Materi pada pelatihan hari ini berupa metodologi dalam PKL D-IV 63. Muhammad Sultan Hafiz dan Afied Akhmad secara bergantian memaparkan materi yang meliputi dua bagian metodologi, yaitu sampling dan listing. Beberapa hal penting terkait materi sampling di antaranya adalah cakupan penelitian, desain sampling, estimasi parameter, metode pengumpulan data, dan beban petugas. Sedangkan pada pemaparan listing, pemateri memberikan penjelasan mengenai tujuan, cakupan, metode, alur, dan tatacara listing.
Pelatihan intama selanjutnya dilaksanakan pada Kamis (18/01). Pelatihan pada hari keempat dibuka oleh Hanun Nabila Azis selaku MC. Pada pelatihan ini dilakukan pemaparan materi yang dibagi menjadi dua bagian. Materi pertama mengenai kuesioner listing disampaikan oleh Muhammad Sultan Hafiz selaku Koor Metodologi. Adapun materi kedua mengenai kuesioner pencacahan dipaparkan oleh Shabrina Alfira Nisa selaku Koor Kuesioner. Berbagai pertanyaan disampaikan oleh peserta pelatihan secara antusias.
Pada Jumat (22/12), telah dilaksanakan Sosialisasi Asuransi PKL D-IV oleh BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh mahasiswa D-IV 63 berkumpul di Auditorium Politeknik Statistik STIS untuk mengikuti acara tersebut.
Acara dimulai dengan pembukaan oleh Elfina Dea Rosalita selaku MC. Sebelum masuk pada inti acara, Bapak Yunarso Anang memberikan sambutan pembuka dalam sosialisasi ini. Beliau memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk mendengarkan materi yang akan dipaparkan dengan baik. Beliau juga mengungkapkan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pengarahan kepada mahasiswa sebagai upaya mitigasi terhadap risiko apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan PKL nantinya.
Memasuki inti acara, materi sosialisasi dipaparkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Berbeda dengan BPJS Kesehatan, pemateri meluruskan bahwa BPJS ini merupakan jaminan sosial yang memberikan perlindungan kepada tenaga kerja atas berbagai risiko yang terjadi di lingkungan kerja, dalam hal ini termasuk PKL Sekolah Kedinasan. Selain itu, disampaikan pula program-program yang tercakup beserta mekanisme pendaftaran dan proses klaim.
Acara sosialisasi diikuti dengan antusias oleh segenap mahasiswa yang hadir. Beberapa mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. Acara ditutup dengan dokumentasi bersama.
Politeknik Statistika STIS dengan antusias menyambut kunjungan dari Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi/Kabupaten/Kota Bali dalam rangka melanjutkan koordinasi terkait pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi D-IV Tahun Akademik 2023/2024. Pada Jumat (15/12), Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., selaku Direktur Politeknik Statistika STIS, bersama dengan para dosen pembimbing PKL D-IV Tahun Akademik 2023/2024 serta perwakilan mahasiswa Prodi D-IV Tahun Akademik 2023/2024, menyelenggarakan rapat koordinasi di Ruang Rapat Senat Gedung 1 Lantai 2 Politeknik Statistika STIS.
Fokus utama dari pertemuan ini adalah pemaparan proposal PKL D-IV Tahun Akademik 2023/2024 dan diskusi lebih lanjut mengenai pelaksanaan pencacahan yang akan dilakukan. Dr. Erni Tri Astuti memberikan arahan awal dengan menekankan bahwa topik PKL kali ini menjadi semacam pilot study untuk penelitian BPS di masa mendatang. Topik tersebut difokuskan pada Generasi Z dengan penekanan pada fenomena globalisasi dan pergeseran budaya yang sedang terjadi.
Pada awal rapat, Kepala BPS Provinsi Bali, Endang Retno Sri Subiyandani, S.Si., M.M., memberikan paparan mengenai kesiapan Bali dalam mendukung pelaksanaan PKL, terutama mengingat kerentanannya pasca Covid-19. Beliau menegaskan bahwa Bali telah siap untuk memberikan dukungan penuh untuk bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Universitas Dwijendra. Selanjutnya, perwakilan mahasiswa tingkat III D-IV Politeknik Statistika STIS memaparkan proposal penelitian yang telah disusun dan melangsungkan diskusi tanya jawab bersama dengan pihak BPS Provinsi/Kabupaten/Kota Bali.
Politeknik Statistika STIS melalui koordinasi ini mengharapkan kontribusi dari seluruh pihak terlibat agar bersama-sama menjadikan PKL ini sebagai langkah positif dalam memajukan pendidikan dan penelitian di bidang statistika. Harapannya, keterlibatan dan kolaborasi dari semua pihak akan melahirkan pemahaman yang lebih mendalam tentang realitas yang dihadapi Generasi Z serta mampu memajukan pendidikan dan penelitian di Politeknik Statistika STIS.
Pada Sabtu (9/12) telah dilaksanakan Pelatihan Kesekretariatan II melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Sekretaris Seksi/Subseksi/Bidang. Pelatihan ini membahas mengenai evaluasi presensi rapat, knowledge management, dan demonstrasi digitalisasi kesekretariatan melalui situs web Sikoko. Kegiatan dimulai dengan presensi peserta, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024, Sultan, yang menyelipkan pesan kepada peserta untuk memperhatikan pelatihan secara detail agar administrasi PKL dapat berjalan secara sistematis dan tidak terjadi miskomunikasi ke depannya. Pelatihan hanya menggunakan satu ruang utama, dengan Gita sebagai pemapar evaluasi kesekretariatan dan knowledge management serta Elfina sebagai pemapar materi demonstrasi digitalisasi kesekretariatan.
Dalam pemaparan evaluasi kesekretariatan, dipaparkan bahwa perizinan sudah semakin membaik dan alur koordinasi sudah sesuai pembagian. Selain evaluasi kesekretariatan, Gita juga memaparkan materi mengenai dokumen tambahan berupa knowledge management yang wajib dibuat oleh masing-masing peserta pelatihan. Adapun Elfina sebagai pemapar materi digitalisasi kesekretariatan memberikan materi mengenai tata cara penggunaan situs web Sikoko bagi sekretaris, seperti menampilkan jadwal, menambahkan rapat, mengunggah notula, dan mengurus perizinan, yang kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi situs web Sikoko. Pelatihan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta pelatihan.
Pada Minggu (03/12) telah dilaksanakan Rapat Akbar II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A 2023/2024 yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memaparkan berbagai informasi penting mengenai kegiatan PKL.
Acara dibuka oleh Tiara Putri selaku MC, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo. Pada Rapat Akbar II ini, Sultan berpesan kepada Angkatan 63 untuk tetap bersemangat mengingat bulan Desember menjadi puncak kesibukan dari persiapan pelaksanaan kegiatan PKL.
Selanjutnya, pemaparan pertama disampaikan oleh Dolly Fernando mengenai perubahan sistem penilaian pada anggota bidang yang sempat disinggung oleh peserta pada Rapat Akbar I. Dilanjutkan pemaparan oleh koordinator seksi mengenai progres, kendala, solusi, dan rencana satu bulan ke depan oleh seksi analisis, metodologi, kuesioner, dan pengolahan. Selain koordinator seksi, koordinator bidang umum dan TI juga turut memaparkan mengenai progres yang telah dilakukan selama persiapan kegiatan PKL ini.
Tak hanya itu, Rapat Akbar II ini juga membahas mengenai administrasi, penyesuaian SOP, dan laporan keuangan PKL oleh sekretaris dan bendahara PKL. Terakhir, Koordinator Seksi SIKOKO, Muhammad Zabbar Falihin, memaparkan progres dari website SIKOKO yang akan digunakan selama kegiatan PKL berlangsung. Ia menyampaikan bahwa untuk saat ini, website SIKOKO masih berfokus pada kegiatan presensi dan akan bertambah seiring berjalannya kegiatan PKL.
Setelah pemaparan, terdapat sesi tanya jawab antara peserta rapat dengan pemberi materi. Pada akhir acara, dilakukan presensi serta dokumentasi.
Rapat Pleno II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 telah dilaksanakan pada Jumat (24/11) bertempat di Auditorium Politeknik Statistik STIS. Rapat ini dihadiri oleh segenap dosen pembimbing dan seluruh mahasiswa D-IV 63.
Acara dimulai dengan pembukaan dari Sisilia Agustina Manalu selaku MC. Agenda dalam Rapat Pleno kali ini adalah pemaparan latar belakang, identifikasi masalah, dan tujuan penelitian yang telah disusun oleh Tim Analisis PKL D-IV 63. Lidya Pramesti selaku Koordinator Seksi Analisis memaparkan latar belakang penelitian secara umum, yaitu mengenai pergeseran perilaku khususnya pada generasi Z. Dalam pemaparannya, disebutkan bahwa PKL D-IV 63 pada tahun ini mengusung judul “Optimalisasi Potensi Generasi Z di Provinsi Bali”. Dilanjutkan oleh Muhammad Restu Ilahi dan Fahri Aziz Sibagariang selaku Koordinator Subseksi Analisis Modul I dan Modul II, latar belakang penelitian dibahas lebih khusus terfokus pada tiga bidang, yaitu bidang sosial budaya, pendidikan, dan ekonomi.
Rangkaian kegiatan rapat diikuti dengan antusias oleh dosen dan mahasiswa D-IV 63. Berbagai masukan disampaikan oleh dosen untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan pelaksanaan PKL ke depannya. Beberapa dosen juga mengingatkan untuk memperdalam karakteristik budaya yang sudah berkembang khususnya pada masyarakat di Provinsi Bali untuk turut dipertimbangkan dalam penelitian. Setelah diadakannya rapat pleno II kali ini, diharapkan PKL D-IV 63 lebih terarah dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Pada Sabtu (11/11) telah dilaksanakan Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan I melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara Seksi/Subseksi/Bidang. Pelatihan ini membahas mengenai prosedur administrasi secara manual sebelum Sikoko siap digunakan.
Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024, Sultan Hadi Prabowo yang menyelipkan pesan kepada peserta untuk memperhatikan pelatihan secara detail agar administrasi PKL dapat berjalan secara sistematis dan tidak terjadi miskomunikasi ke depannya.
Pelatihan dibagi menjadi dua breakout room, yaitu ruang kesekretariatan dan ruang kebendaharaan. Di ruang kesekretariatan, materi dipaparkan oleh Elfina Dea Rosalita dan Kurnianty Indah Hafsari selaku Sekretaris PKL D-IV 63. Seluruh peserta memperhatikan penjelasan mengenai alur koordinasi, tugas sekretaris secara umum, SOP, mekanisme penyelenggaraan rapat, alur peminjaman ruang, dan dokumen penting kesekretariatan.
Sedangkan di ruang kebendaharaan, Sabilla Hamda Syahputri dan Anisa Nur Oktaviani selaku Bendahara PKL D-IV 63 memaparkan mengenai tugas bendahara, keuangan PKL D-IV 63, penyusunan rencana anggaran, sistematika pelaporan penggunaan dana, berkas kebendaharaan, dan catatan tambahan lainnya. Pelatihan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta.
Rapat Akbar I PKL Prodi D-IV Angkatan 63 sukses dilaksanakan pada Jumat (10/11). Acara yang bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS ini diselenggarakan dalam rangka memaparkan berbagai SOP yang berlaku selama kegiatan PKL berlangsung.
Acara ini dibuka oleh Bob Louis Manurung selaku MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo. Sultan pun turut memberikan pemaparan mengenai timeline kegiatan PKL yang akan dilaksanakan oleh Prodi D-IV Angkatan 63.
Selanjutnya, Sekretaris I dan II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 memberikan pemaparan SOP kesekretariatan yang berkaitan dengan mekanisme rapat, perizinan, serta keterlambatan dalam mengikuti kegiatan. Dilanjutkan dengan penjelasan SOP kebendaharaan yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan PKL. Selain itu, disampaikan pula SOP mengenai Bidang Umum yang memberikan penjelasan mengenai keperluan logistik, humas, publikasi, dan dokumentasi.
Selain membahas SOP kesekretariatan, kebendaharaan, dan bidang, disampaikan pula mengenai SOP penilaian individu pada dimensi kontribusi yang terdiri dari lima indikator penilaian. Kelima indikator tersebut tentunya menjadi perhatian yang penting bagi mahasiswa prodi D-IV Angkatan 63 karena akan menentukan penilaian dirinya dalam kegiatan PKL ini.
Sebelum mengakhiri Rapat Akbar I, terdapat sesi tanya jawab yang diikuti oleh antusiasme mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan untuk menjawab rasa ingin tahu dan memberikan masukan agar PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 dapat berjalan sesuai harapan.
Mahasiswa Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 yang akan melaksanakan PKL di Provinsi Bali tentu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi medan saat pencacahan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara dan pertolongan seperti apa yang dapat diberikan, diadakanlah “Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama” yang mengusung tema “Tetap Aman saat Praktik Kerja Lapangan”. Seminar ini dilaksanakan pada Jumat (23/02) pukul 13.00 WIB bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS.
Acara dibuka oleh Bob Louis Manurung dan Cecilia Putri Dianti Samosir selaku MC dari Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS oleh mahasiswa dan tamu undangan yang hadir. Ketua PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo, memberikan sambutan dan semangat kepada teman-teman angkatannya menjelang hari pelaksanaan PKL ini. Sambutan pun turut diberikan oleh Wakil Direktur I Politeknik Statistika STIS, Prof. Setia Pramana, S.Si, Ph.D. Beliau menyampaikan kepada peserta seminar untuk memperhatikan materi dengan baik agar saat pelaksanaan lapangan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu Pelatihan Safety Riding dan Pertolongan Pertama. Sesi pertama, yakni Pelatihan Safety Riding, dimoderatori oleh I Kadek Purna Widyarta. Untuk pemberi materinya ialah Wakasat Lantas Polres Metropolitan Jakarta Timur, AKP Sunaryo, S.H., M.H.; Kanit Kamsel Sat Lantas Metropolitan Jakarta Timur, AKP Budi Lestari; dan Tim Jasa Raharja Jakarta Timur. Pihak Sat Lantas Metropolitan Jakarta Timur memberikan materi mengenai etika dan tata cara berlalu lintas, seperti bagaimana menjadi pengemudi yang baik dan bertanggung jawab. Lalu, diberikan pula ilustrasi mengenai tata tertib lalu lintas yang diperbolehkan dan dilarang. Sementara itu, pihak Jasa Raharja memberikan informasi mengenai data kecelakaan lalu lintas tertinggi dan bagaimana proses pengajuan klaim jasa raharja ketika mengalami kecelakaan.
Setelah sesi pertama, dilanjutkan sesi kedua yakni materi pertolongan pertama yang dimoderatori oleh Pretty Melati Pardede. Materi pada sesi kedua ini disampaikan oleh perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur sejumlah dua orang, Suheri dan Achmad Zulfikar Uluputty. Pihak PMI menyampaikan mengenai pertolongan pertama apa yang dapat diberikan ketika terjadi sakit atau cedera/kecelakaan. Dalam penyampaian materi juga diselingi dengan praktek secara langsung yang tentunya menambah antusiasme mahasiswa dalam memperhatikan materi pertolongan pertama ini. Diakhir sesi, diadakan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat serta plakat dari pihak kampus ke PMI Jakarta Timur. Akhirnya, acara Seminar Safety Riding dan Pelatihan Pertama pun resmi berakhir.
Pelaksanaan PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 sudah di depan mata. Demi kelancaran dan kemudahan pelaksanaan kegiatan PKL, diadakan Doa Bersama bagi mahasiswa Politeknik Statistika STIS Prodi D-IV yang beragama Islam, Kristen, dan Hindu. Kegiatan doa bersama agama Islam dan Kristen telah dilaksanakan pada Jumat (23/02), sedangkan doa bersama agama Hindu dilaksanakan pada Sabtu (24/02).
Doa Bersama Rohis untuk mahasiswa beragama Islam dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meetings pada pukul 06.30 sampai 09.00 WIB. Doa Bersama ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, tilawah oleh Rohmad Ali Fatur Rizki, penyampaian kajian oleh Bapak Nasrudin, serta pembacaan doa oleh Rifky Maulana Putra. Pada kegiatan ini, mahasiswa muslim mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan selama berada di Bali.
Sementara itu, di ruang 348 Politeknik Statistika STIS, tepatnya pukul 11.30 WIB, dilaksanakan juga Doa Bersama Rohkris. Kegiatan ini berisi doa pembuka, menyanyikan lagu pujian, pembacaan firman, penyampaian renungan, doa syafaat, penutup, serta berkat. Dilanjut pada hari Sabtu (24/02) pukul 17.00 WIB dilaksanakan Doa Bersama Rohin di Pura Aditya Jaya Rawamangun. Pelaksanaan doa bersama ini bertepatan dengan Hari Purnama Sasih Kesanga. Kegiatan ini selesai pukul 20.00 WIB.
Tinggal menghitung hari kegiatan PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS dilaksanakan, pembekalan materi mengenai etika komunikasi dan wawancara untuk mahasiswa kembali diselenggarakan. Kegiatan seminar dilaksanakan pada hari Jumat (23/02) secara daring. Seminar diikuti oleh seluruh mahasiswa D-IV 63 Politeknik Statistika STIS. Seminar ini juga dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur, beserta jajaran dosen pembimbing PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS.
Acara dibuka oleh Imella Mendita Sandi selaku Master of Ceremony dan dilanjutkan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS secara khidmat. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Operasional PKL, Sultan Hadi Prabowo, yang menyampaikan harapan supaya seluruh mahasiswa memperhatikan seminar dengan baik sebagai bekal pelaksanaan di lapangan nantinya. Direktur Politeknik Statistika STIS, Ibu Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., juga memberikan sambutan dilengkapi dengan ungkapan “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” sebagai pengingat bagi mahasiswa sehingga kegiatan PKL dapat berjalan dengan lancar.
Bersambung dengan Seminar Etika dan Komunikasi Wawancara yang telah dilaksanakan tempo hari, seminar kali ini masih membahas hal yang sama dengan tema yang lebih spesifik, yaitu “Strategi Komunikasi dalam Wawancara yang Efektif Berdasarkan Perspektif Budaya Bali”. Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Gede Sedana, M. Sc., MMA, Rektor Universitas Dwijendra, dan dipandu oleh Rechtiana Putri Arini selaku moderator. Prof. Gede Sedana menyampaikan bahwa komunikasi terbentuk dari hubungan saling tergantung dari dua pihak, tidak semata-mata alasan manfaat, melainkan berkaitan dengan sisi psikologis dan proses komunikasi. Beliau menekankan bahwa dalam komunikasi yang efektif, selain diperlukan kemampuan berbicara, pewawancara harus belajar untuk mendengar.
Etika komunikasi yang berbudaya membutuhkan rasa kepercayaan yang dapat dibangun melalui sikap saling menghargai dan saling mengerti. Hal tersebut dapat didukung melalui busana yang sesuai, pemilihan waktu wawancara yang tepat, dan penjagaan emosi yang baik. Pemilihan kata dan bahasa yang dapat dimengerti, serta tingkah laku yang sopan juga merupakan kunci untuk dapat diterima dengan baik oleh responden sehingga responden bersedia memberikan jawaban wawancara yang tepat. Oleh karena itu, dengan bekal materi pada seminar kali ini, diharapkan mahasiswa dapat menyesuaikan diri untuk melakukan komunikasi dan wawancara dengan tetap berpegang pada kearifan lokal yang berkembang di masyarakat Bali.
Seusai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab, penyerahan sertifikat kepada pemateri, dan dokumentasi. Pada penutupan seminar kali ini, mahasiswa juga diharuskan mengikuti post-test untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami materi.
Pada hari Sabtu (28/01) serta Sabtu-Minggu (3-4/01) dilangsungkan pelatihan Inkamp ( Instruktur Kampus) yang bertempat di ruang kelas Politeknik Statistika STIS. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dengan empat materi utama, yakni materi analisis, pengolahan, metodologi dan kuesioner. Pelatihan berlangsung secara aktif dipimpin oleh Intama (Instruktur Utama) sebagai pengajar sekaligus pemimpin diskusi. Intama menegaskan bahwa fokus utama dari pelatihan Inkamp ini adalah penegasan konsep dan definisi serta penekanan pada kasus-kasus batas. Pada tiap pelatihan diadakan pre-test dan post-test untuk mengukur kepahaman Inkamp terhadap materi yang diajarkan.
Hari pertama pelatihan dibuka dengan penjelasan dasar-dasar PKL, yakni materi dari seksi Analisis yang dilanjutkan materi dari seksi pengolahan. Pada hari pertama ini, seluruh Inkamp dibagi menjadi tiga kelompok kecil yang diajar oleh 2 Intama pada masing-masing kelasnya. Tiap intama menyampaikan materi dengan detail, mulai dari latar belakang, tujuan penelitian, unit analisis, hingga pengolahan data dan pengujian validitas serta reliabilitasnya. Hari pertama pelatihan hanya berlangsung setengah hari, yakni dari pukul 8 pagi hingga 12.30 siang.
Berbeda dengan sebelumnya, pada hari kedua, pelatihan berlangsung hanya pada satu kelas yang sama, tidak terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Pada pelatihan hari kedua ini, ada beberapa dosen yang turut hadir mengawasi jalannya pelatihan. Materi yang dipaparkan adalah terkait metodologi, mulai dari proses pemilihan sampel hingga listing. Pelatihan dan diskusi dipimpin oleh keenam intama secara bergantian. Pada hari kedua ini, sesi diskusi berlangsung lebih aktif daripada sebelumnya karena ditemukan beberapa kasus batas berdasarkan pengalaman listing di Survei Pendahuluan januari lalu.
Setelah menyelesaikan pelatihan terkait materi analisis, pengolahan, dan metodologi, pelatihan masuk ke materi terakhir, yakni kuesioner. Pada hari ketiga pelatihan, dilakukan pembahasan seluruh konsep dan definisi variabel pada kuesioner. Terdapat tiga kuesioner pada PKL kali ini, yakni Kuesioner KOR, Modul 1, dan Modul 2. Karena pembahasan cukup panjang, pelatihan hari terakhir ini berlangsung dari pagi hingga sore, yakni pukul 07.30 hingga 17.30. Pelatihan ini juga diawasi oleh beberapa dosen pembimbing sehingga jalannya pelatihan dapat menambah banyak informasi serta pesan-pesan baru dari sudut pandang dosen.
Mengawali berlangsungnya semester genap, Seminar Etika Komunikasi dan Wawancara I menjadi pembuka semangat baru bagi mahasiswa D-IV Angkatan 63. Seminar yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi D-IV beserta jajaran dosen pembimbing PKL ini dilangsungkan secara daring pada hari Jumat (19/01).
Acara dibuka dengan hangat oleh Hanun Nabila Azis selaku Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistika STIS. Setelah itu, acara disambung dengan rangkaian sambutan oleh Sultan Hadi Prabowo, Ketua PKL D-IV Angkatan 63, dan Prof. Setia Pramana, S.Si., Ph.D., selaku Wakil Direktur Politeknik Statistika STIS. Pada sambutannya, beliau mengungkapkan harapan, yakni agar setelah seminar ini berlangsung, mahasiswa dapat memiliki gambaran serta wawasan agar mampu diterapkan pada kegiatan lapangan nanti.
Setelah rangkaian sambutan selesai, acara masuk ke dalam sesi inti, yakni pemaparan materi dengan tema “Menggali Kearifan Lokal Bali: Strategi Komunikasi Melalui Kacamata Gen Z”. Prosesi pemaparan disampaikan oleh Bapak Ir. Dewa Made Suambara M. M. A., Kepala Bagian Umum Provinsi Bali, dan dipandu oleh Ni Putu Esti Utami Barsua selaku moderator. Dalam paparannya, Pak Dewa menyampaikan bahwa kunci dari pengumpulan data dari wawancara adalah terbangunnya kepercayaan dengan responden. Untuk mampu mendapatkan kepercayaan, diperlukan kemampuan dalam memahami materi, kebolehan probing, dan penyesuaian dengan keadaan di tiap-tiap rumah tangga.
Setiap daerah memiliki adat dan budaya masing-masing, termasuk juga Provinsi Bali. Untuk mampu menyesuaikan diri dengan keadaan responden, perlu pemahaman terlebih dahulu terhadap kebudayaan dan kebiasaan yang sering dijalani oleh masyarakat. Di Provinsi Bali sendiri, terdapat beberapa perbedaan tatanan struktur masyarakat, seperti adanya Subak dan Banjar. Oleh karenanya, dengan mengetahui kondisi masyarakatnya, diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah menyesuaikan situasi sehingga informasi yang didapatkan pun menjadi data yang berkualitas.
Pada hari Rabu (10/01) telah dilaksanakan Pelatihan Instruktur Utama melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh instruktur utama PKL D-IV T.A. 2023/2024. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari. Kegiatan dibuka oleh Tiara selaku MC dan dilanjutkan dengan pre-test selama 10 menit sebelum pelatihan dimulai. Materi pada pelatihan hari pertama ini adalah analisis yang dipaparkan oleh Lidya selaku koordinator analisis, yang kemudian dilanjutkan oleh Restu dan Aziz selaku koordinator modul analisis.
Pelatihan dilanjutkan di hari kedua pada Kamis (11/01) yang dibuka oleh Tiara selaku MC. Seperti hari pertama, kegiatan diawali dengan pre-test sebelum pemaparan materi. Bimo selaku pemateri memaparkan materi mengenai pengolahan secara umum, seperti overview dan pengolahan pra pencacahan. Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh Linda dan Naufal yang memaparkan materi mengenai pemrosesan, visualisasi, dan diseminasi data.
Pada hari ketiga (12/01), kegiatan pelatihan dibuka oleh Zahra Safira selaku MC. Seperti pada hari-hari sebelumnya, sebelum dilakukan pelatihan, peserta mengikuti pre-test selama 10 menit. Materi pada pelatihan hari ini berupa metodologi dalam PKL D-IV 63. Muhammad Sultan Hafiz dan Afied Akhmad secara bergantian memaparkan materi yang meliputi dua bagian metodologi, yaitu sampling dan listing. Beberapa hal penting terkait materi sampling di antaranya adalah cakupan penelitian, desain sampling, estimasi parameter, metode pengumpulan data, dan beban petugas. Sedangkan pada pemaparan listing, pemateri memberikan penjelasan mengenai tujuan, cakupan, metode, alur, dan tatacara listing.
Pelatihan intama selanjutnya dilaksanakan pada Kamis (18/01). Pelatihan pada hari keempat dibuka oleh Hanun Nabila Azis selaku MC. Pada pelatihan ini dilakukan pemaparan materi yang dibagi menjadi dua bagian. Materi pertama mengenai kuesioner listing disampaikan oleh Muhammad Sultan Hafiz selaku Koor Metodologi. Adapun materi kedua mengenai kuesioner pencacahan dipaparkan oleh Shabrina Alfira Nisa selaku Koor Kuesioner. Berbagai pertanyaan disampaikan oleh peserta pelatihan secara antusias.
Pada Jumat (22/12), telah dilaksanakan Sosialisasi Asuransi PKL D-IV oleh BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh mahasiswa D-IV 63 berkumpul di Auditorium Politeknik Statistik STIS untuk mengikuti acara tersebut.
Acara dimulai dengan pembukaan oleh Elfina Dea Rosalita selaku MC. Sebelum masuk pada inti acara, Bapak Yunarso Anang memberikan sambutan pembuka dalam sosialisasi ini. Beliau memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk mendengarkan materi yang akan dipaparkan dengan baik. Beliau juga mengungkapkan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pengarahan kepada mahasiswa sebagai upaya mitigasi terhadap risiko apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan PKL nantinya.
Memasuki inti acara, materi sosialisasi dipaparkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Berbeda dengan BPJS Kesehatan, pemateri meluruskan bahwa BPJS ini merupakan jaminan sosial yang memberikan perlindungan kepada tenaga kerja atas berbagai risiko yang terjadi di lingkungan kerja, dalam hal ini termasuk PKL Sekolah Kedinasan. Selain itu, disampaikan pula program-program yang tercakup beserta mekanisme pendaftaran dan proses klaim.
Acara sosialisasi diikuti dengan antusias oleh segenap mahasiswa yang hadir. Beberapa mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. Acara ditutup dengan dokumentasi bersama.
Politeknik Statistika STIS dengan antusias menyambut kunjungan dari Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi/Kabupaten/Kota Bali dalam rangka melanjutkan koordinasi terkait pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi D-IV Tahun Akademik 2023/2024. Pada Jumat (15/12), Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., selaku Direktur Politeknik Statistika STIS, bersama dengan para dosen pembimbing PKL D-IV Tahun Akademik 2023/2024 serta perwakilan mahasiswa Prodi D-IV Tahun Akademik 2023/2024, menyelenggarakan rapat koordinasi di Ruang Rapat Senat Gedung 1 Lantai 2 Politeknik Statistika STIS.
Fokus utama dari pertemuan ini adalah pemaparan proposal PKL D-IV Tahun Akademik 2023/2024 dan diskusi lebih lanjut mengenai pelaksanaan pencacahan yang akan dilakukan. Dr. Erni Tri Astuti memberikan arahan awal dengan menekankan bahwa topik PKL kali ini menjadi semacam pilot study untuk penelitian BPS di masa mendatang. Topik tersebut difokuskan pada Generasi Z dengan penekanan pada fenomena globalisasi dan pergeseran budaya yang sedang terjadi.
Pada awal rapat, Kepala BPS Provinsi Bali, Endang Retno Sri Subiyandani, S.Si., M.M., memberikan paparan mengenai kesiapan Bali dalam mendukung pelaksanaan PKL, terutama mengingat kerentanannya pasca Covid-19. Beliau menegaskan bahwa Bali telah siap untuk memberikan dukungan penuh untuk bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Universitas Dwijendra. Selanjutnya, perwakilan mahasiswa tingkat III D-IV Politeknik Statistika STIS memaparkan proposal penelitian yang telah disusun dan melangsungkan diskusi tanya jawab bersama dengan pihak BPS Provinsi/Kabupaten/Kota Bali.
Politeknik Statistika STIS melalui koordinasi ini mengharapkan kontribusi dari seluruh pihak terlibat agar bersama-sama menjadikan PKL ini sebagai langkah positif dalam memajukan pendidikan dan penelitian di bidang statistika. Harapannya, keterlibatan dan kolaborasi dari semua pihak akan melahirkan pemahaman yang lebih mendalam tentang realitas yang dihadapi Generasi Z serta mampu memajukan pendidikan dan penelitian di Politeknik Statistika STIS.
Pada Sabtu (9/12) telah dilaksanakan Pelatihan Kesekretariatan II melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Sekretaris Seksi/Subseksi/Bidang. Pelatihan ini membahas mengenai evaluasi presensi rapat, knowledge management, dan demonstrasi digitalisasi kesekretariatan melalui situs web Sikoko. Kegiatan dimulai dengan presensi peserta, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024, Sultan, yang menyelipkan pesan kepada peserta untuk memperhatikan pelatihan secara detail agar administrasi PKL dapat berjalan secara sistematis dan tidak terjadi miskomunikasi ke depannya. Pelatihan hanya menggunakan satu ruang utama, dengan Gita sebagai pemapar evaluasi kesekretariatan dan knowledge management serta Elfina sebagai pemapar materi demonstrasi digitalisasi kesekretariatan.
Dalam pemaparan evaluasi kesekretariatan, dipaparkan bahwa perizinan sudah semakin membaik dan alur koordinasi sudah sesuai pembagian. Selain evaluasi kesekretariatan, Gita juga memaparkan materi mengenai dokumen tambahan berupa knowledge management yang wajib dibuat oleh masing-masing peserta pelatihan. Adapun Elfina sebagai pemapar materi digitalisasi kesekretariatan memberikan materi mengenai tata cara penggunaan situs web Sikoko bagi sekretaris, seperti menampilkan jadwal, menambahkan rapat, mengunggah notula, dan mengurus perizinan, yang kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi situs web Sikoko. Pelatihan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta pelatihan.
Pada Minggu (03/12) telah dilaksanakan Rapat Akbar II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A 2023/2024 yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memaparkan berbagai informasi penting mengenai kegiatan PKL.
Acara dibuka oleh Tiara Putri selaku MC, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo. Pada Rapat Akbar II ini, Sultan berpesan kepada Angkatan 63 untuk tetap bersemangat mengingat bulan Desember menjadi puncak kesibukan dari persiapan pelaksanaan kegiatan PKL.
Selanjutnya, pemaparan pertama disampaikan oleh Dolly Fernando mengenai perubahan sistem penilaian pada anggota bidang yang sempat disinggung oleh peserta pada Rapat Akbar I. Dilanjutkan pemaparan oleh koordinator seksi mengenai progres, kendala, solusi, dan rencana satu bulan ke depan oleh seksi analisis, metodologi, kuesioner, dan pengolahan. Selain koordinator seksi, koordinator bidang umum dan TI juga turut memaparkan mengenai progres yang telah dilakukan selama persiapan kegiatan PKL ini.
Tak hanya itu, Rapat Akbar II ini juga membahas mengenai administrasi, penyesuaian SOP, dan laporan keuangan PKL oleh sekretaris dan bendahara PKL. Terakhir, Koordinator Seksi SIKOKO, Muhammad Zabbar Falihin, memaparkan progres dari website SIKOKO yang akan digunakan selama kegiatan PKL berlangsung. Ia menyampaikan bahwa untuk saat ini, website SIKOKO masih berfokus pada kegiatan presensi dan akan bertambah seiring berjalannya kegiatan PKL.
Setelah pemaparan, terdapat sesi tanya jawab antara peserta rapat dengan pemberi materi. Pada akhir acara, dilakukan presensi serta dokumentasi.
Rapat Pleno II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 telah dilaksanakan pada Jumat (24/11) bertempat di Auditorium Politeknik Statistik STIS. Rapat ini dihadiri oleh segenap dosen pembimbing dan seluruh mahasiswa D-IV 63.
Acara dimulai dengan pembukaan dari Sisilia Agustina Manalu selaku MC. Agenda dalam Rapat Pleno kali ini adalah pemaparan latar belakang, identifikasi masalah, dan tujuan penelitian yang telah disusun oleh Tim Analisis PKL D-IV 63. Lidya Pramesti selaku Koordinator Seksi Analisis memaparkan latar belakang penelitian secara umum, yaitu mengenai pergeseran perilaku khususnya pada generasi Z. Dalam pemaparannya, disebutkan bahwa PKL D-IV 63 pada tahun ini mengusung judul “Optimalisasi Potensi Generasi Z di Provinsi Bali”. Dilanjutkan oleh Muhammad Restu Ilahi dan Fahri Aziz Sibagariang selaku Koordinator Subseksi Analisis Modul I dan Modul II, latar belakang penelitian dibahas lebih khusus terfokus pada tiga bidang, yaitu bidang sosial budaya, pendidikan, dan ekonomi.
Rangkaian kegiatan rapat diikuti dengan antusias oleh dosen dan mahasiswa D-IV 63. Berbagai masukan disampaikan oleh dosen untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan pelaksanaan PKL ke depannya. Beberapa dosen juga mengingatkan untuk memperdalam karakteristik budaya yang sudah berkembang khususnya pada masyarakat di Provinsi Bali untuk turut dipertimbangkan dalam penelitian. Setelah diadakannya rapat pleno II kali ini, diharapkan PKL D-IV 63 lebih terarah dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Pada Sabtu (11/11) telah dilaksanakan Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan I melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara Seksi/Subseksi/Bidang. Pelatihan ini membahas mengenai prosedur administrasi secara manual sebelum Sikoko siap digunakan.
Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024, Sultan Hadi Prabowo yang menyelipkan pesan kepada peserta untuk memperhatikan pelatihan secara detail agar administrasi PKL dapat berjalan secara sistematis dan tidak terjadi miskomunikasi ke depannya.
Pelatihan dibagi menjadi dua breakout room, yaitu ruang kesekretariatan dan ruang kebendaharaan. Di ruang kesekretariatan, materi dipaparkan oleh Elfina Dea Rosalita dan Kurnianty Indah Hafsari selaku Sekretaris PKL D-IV 63. Seluruh peserta memperhatikan penjelasan mengenai alur koordinasi, tugas sekretaris secara umum, SOP, mekanisme penyelenggaraan rapat, alur peminjaman ruang, dan dokumen penting kesekretariatan.
Sedangkan di ruang kebendaharaan, Sabilla Hamda Syahputri dan Anisa Nur Oktaviani selaku Bendahara PKL D-IV 63 memaparkan mengenai tugas bendahara, keuangan PKL D-IV 63, penyusunan rencana anggaran, sistematika pelaporan penggunaan dana, berkas kebendaharaan, dan catatan tambahan lainnya. Pelatihan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta.
Rapat Akbar I PKL Prodi D-IV Angkatan 63 sukses dilaksanakan pada Jumat (10/11). Acara yang bertempat di Auditorium Politeknik Statistika STIS ini diselenggarakan dalam rangka memaparkan berbagai SOP yang berlaku selama kegiatan PKL berlangsung.
Acara ini dibuka oleh Bob Louis Manurung selaku MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana PKL Prodi D-IV Angkatan 63, Sultan Hadi Prabowo. Sultan pun turut memberikan pemaparan mengenai timeline kegiatan PKL yang akan dilaksanakan oleh Prodi D-IV Angkatan 63.
Selanjutnya, Sekretaris I dan II PKL Prodi D-IV Angkatan 63 memberikan pemaparan SOP kesekretariatan yang berkaitan dengan mekanisme rapat, perizinan, serta keterlambatan dalam mengikuti kegiatan. Dilanjutkan dengan penjelasan SOP kebendaharaan yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan PKL. Selain itu, disampaikan pula SOP mengenai Bidang Umum yang memberikan penjelasan mengenai keperluan logistik, humas, publikasi, dan dokumentasi.
Selain membahas SOP kesekretariatan, kebendaharaan, dan bidang, disampaikan pula mengenai SOP penilaian individu pada dimensi kontribusi yang terdiri dari lima indikator penilaian. Kelima indikator tersebut tentunya menjadi perhatian yang penting bagi mahasiswa prodi D-IV Angkatan 63 karena akan menentukan penilaian dirinya dalam kegiatan PKL ini.
Sebelum mengakhiri Rapat Akbar I, terdapat sesi tanya jawab yang diikuti oleh antusiasme mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan untuk menjawab rasa ingin tahu dan memberikan masukan agar PKL Prodi D-IV Angkatan 63 T.A. 2023/2024 dapat berjalan sesuai harapan.
Mengiringi perayaan hari-hari besar umat Hindu, Prodi D-IV Angkatan 63 telah turut serta hadir di pulau dewata untuk melangsungkan kegiatan pencacahan lapangan. Kegiatan dibuka dengan penyambutan hangat oleh BPS Provinsi Bali. Penyambutan mahasiswa D-IV Angkatan 63 ini disimbolkan dengan terlaksananya apel pembukaan secara serentak di berbagai wilayah Provinsi Bali.
Setelah prosesi apel pembukaan selesai, tiap-tiap tim langsung menuju wilayah Blok Sensus masing-masing dengan pendampingan mitra BPS. Kehadiran mitra ini membantu tim mengurus perizinan, mengenali medan dan batas wilayah, serta memberikan pengenalan singkat terkait tata cara listing dan wawancara dengan responden, khususnya di wilayah Bali. Tanpa berlama-lama, mulai dari hari Jumat (1/ 3) hingga Senin (4/3), tiap-tiap tim langsung melakukan listing ke seluruh penjuru Bali. Beberapa tim bahkan telah melakukan pengambilan sampel dan memulai wawancara pada hari terakhir listing, yakni Senin (4/3).
Proses listing yang begitu penat tidak mematahkan semangat mahasiswa. Dengan arahan dan bantuan dari BPS serta ketua lingkungan setempat, seluruh tim dapat melakukan pengambilan sampel dan memulai pencacahan lapangan pada Senin (4/3) hingga Jumat (8/3). Tidak berbeda dengan sebelumnya, pada proses pencacahan ini, mahasiswa semakin gencar bergerak dari pagi hingga malam untuk mendapatkan data-data yang akurat. Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa meskipun kegiatan berlangsung hingga malam hari, mahasiswa senantiasa menjaga sopan santun agar responden pun nyaman dan tidak terganggu.
Untuk menutup pengalaman “mencacah” Pulau Dewata ini, pada hari kepulangan, tiap mahasiswa diberikan waktu luang untuk pergi membeli oleh-oleh serta mengunjungi tempat-tempat indah di pulau Bali. Pada akhirnya, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha dan pengalaman tak terlupakan ini akan terus terkenang di Pulau Dewata. Terima kasih kepada mahasiswa D-IV Angkatan 63 atas segala jerih payah dan usahanya pada kegiatan pencacahan lapangan. Ingat, PKL masih belum usai, dan perjalanan data kalian pun masih belum selesai! Semangat dan jangan pernah menyerah!!
Dalam rangka membuka kegiatan lapangan, pada Jumat (1/3) lalu, dilangsungkan Apel Pembukaan secara serentak di berbagai wilayah di Provinsi Bali. Apel Pembukaan Utama dilangsungkan di halaman BPS Provinsi Bali dan dihadiri oleh mahasiswa dari wilayah Denpasar, Badung, dan Gianyar. Tidak hanya mahasiswa saja, Apel ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi BPS serta dosen-dosen Politeknik Statistika STIS.
Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang disambung dengan Mars Statistik serta Mars Politeknik Statistika STIS. Setelah menyanyikan Indonesia Raya, acara dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala BPS Provinsi Bali, Ibu Endang Retno Sri Subiyandani S.Si, M.M. Dalam Sambutannya, disampaikan bahwa seluruh BPS di wilayah Provinsi Bali akan senantiasa memberikan pendampingan dan bantuan kepada mahasiswa selama pelaksanaan lapangan.
Penyampaian sambutan dari Kepala BPS Provinsi Bali kemudian diikuti oleh pemberian amanat dari Pembina Apel, Bapak Ir. Atqo Mardiyanto M.Si. Pada sesi penyampaian amanat ini, Bapak Atqo selaku Sekretaris Utama BPS RI secara simbolik membuka kegiatan lapangan PKL D-IV Angkatan 63 ini, Pembukaan kegiatan secara simbolik dilakukan dalam bentuk penyerahan dan pemakaian jaket PKL D-IV Angkatan 63.
Selanjutnya, sebagai bentuk kenang-kenangan dan tanda kerja sama antara Politeknik Statistika STIS dan BPS Provinsi Bali, dilakukan penyerahan plakat kepada BPS Provinsi Bali, BPS Kota Denpasar, Kab. Badung dan Kab. Gianyar. Mengakhiri kegiatan apel pembukaan, dilakukan dokumentasi bersama dengan seluruh mahasiswa Politeknik Statistika STIS yang hadir sebagai peserta.
Pada Selasa (27/02), telah dilaksanakan Apel Pelepasan PKL D-IV 63 Politeknik Statistika STIS. Apel dimulai pukul 16.15 usai jam perkuliahan berakhir. Acara dilaksanakan di Auditorium dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa D-IV 63 Politeknik Statistika STIS.
Apel dimulai dengan persiapan barisan yang dipimpin oleh petugas SPD. Seperti prosedur apel biasanya, selanjutnya seluruh peserta apel menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Politeknik Statistik STIS secara bersama-sama. Setelah dilakukan pembacaan pancasila, Pembina Apel, Dr. Erni Tri Astuti, M.Math., melakukan pelepasan mahasiswa secara simbolik dengan penyematan jaket. Dilanjutkan dengan pembacaan amanat, Bu Erni menyampaikan harapan bahwa seluruh mahasiswa dapat melewati PKL dengan lancar di tengah tantangan kondisi masyarakat yang dapat dikatakan tidak stabil. Beliau juga berpesan untuk senantiasa menjaga kekompakan terutama dalam menyelesaikan target pencacahan. Selain itu, hal yang ditekankan Beliau pada amanat kali ini adalah prinsip dan kaidah statistik yang harus dipegang mahasiswa dalam menjalankan tugas pada PKL nanti. Sebelum apel ditutup, seluruh peserta apel melakukan doa bersama dan dokumentasi.
Tidak ada berita. Silahkan cek kembali nanti.