Efektivitas Sosialisasi Sensus dan Survei di BPS

Dashboard
Maskot

Efektivitas Sosialisasi Sensus dan Survei di BPS

Dashboard
ornamen_4_1

Latar Belakang

Badan Pusat Statistik adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan. Survei dan sensus diadakan secara rutin untuk mengumpulkan berbagai jenis data statistik dasar. Data yang telah dikumpulkan dan diolah akan menghasilkan official statistics yang menjadi dasar pengambilan keputusan dan perencanaan bagi pemerintah. Dalam melakukan suatu survei atau sensus, diperlukan sosialisasi dan media sosialisasi yang efektif agar informasi terkait sensus/survei dapat sampai kepada masyarakat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai Analisis Efektivitas Media Sosialisasi Survei dan Sensus di Badan Pusat Statistik.

ornamen_4_1

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui wawasan masyarakat tentang survei/sensus BPS.
  2. Mengetahui media sosialisasi yang paling efektif dalam menyebarkan informasi terkait survei/sensus yang dilaksanakan oleh BPS.

Ruang Lingkup

Cakupan Penelitian

Cakupan penelitian dari kajian ini merupakan seluruh cakupan penelitian dari riset 1, 2, 4 dan 5. Sehingga rincian cakupan penelitian kajian ini berbeda pada setiap wilayah

Batasan Penelitian

Penelitian ini dibatasi oleh target populasi pada riset 1, 2, 4 dan 5. Yakni kalangan petani/petani tanaman pangan, sehingga bukan menggambarkan masyarakat secara umum

Variabel Penelitian

Pengetahuan Survei/Sensus

Pengetahuan responden terkait survei/sensus yang dilaksanakan BPS. Variabel berupa kategori meliputi Ya dan Tidak.

Ornamen

Jenis Survei/Sensus yang Diketahui

Pengetahuan responden tentang kegiatan survei atau sensus yang BPS selenggarakan, meliputi Sensus Penduduk (SP), Sensus Pertanian (ST), Sensus Pertanian (ST), Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS), Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) dan lainnya.

ornamen_5_5

Sumber Informasi

Sumber informasi responden mengenai kegiatan survei/sensus BPS. Sumber informasi yang dicakup berupa media sosial, sosialisasi pegawai/mitra, orang lain, televisi, media cetak dan lainnya.

Ornamen

Partisipasi Responden

Kesediaan responden untuk berpartisipasi dalam kegiatan survei/sensus BPS. Variabel berupa kategori meliputi Ya dan Tidak.

Ornamen

Responden

Responden penelitian ini adalah seluruh responden yang diteliti oleh riset 1, 2, 4, dan 5. Meliputi Petani atau Petani Tanaman Pangan di kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya, Subang, dan Indramayu

Hasil Penelitian

hasil penelitian
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa hanya sebagian kecil responden yang mengetahui adanya survei/sensus yang dilaksanakan BPS. Responden petani tanaman pangan di wilayah Bandung Barat, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya, Subang, dan Indramayu yang mengetahui survei atau sensus BPS adalah 232 dari 591 atau 39,26% responden petani tanaman pangan. Sedangkan, sisanya tidak mengetahui survei atau sensus yang dilakukan BPS. Di samping itu, responden petani di wilayah Sukabumi dan Cianjur yang mengetahui survei atau sensus hanya 1850 dari 5356 atau 34,54% responden petani.