Maskot BPH
SEDIKIT TENTANG

Praktik Kerja Lapangan Angkatan 60

Praktik Kerja Lapangan T.A. 2020/2021 terasa cukup istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan terjadinya pandemi Covid-19. Situasi ini memaksa pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan tidak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, hal ini justru menjadi kesempatan untuk melaksanakan penelitian tidak hanya secara offline tetapi juga secara online. Bahkan dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kesempatan ini dimanfaatkan untuk melakukan penelitian yang dapat bermanfaat dalam pengelolaan internal BPS. Praktik Kerja Lapangan T.A. 2020/2021 mengambil tema Menuju BPS yang Lebih Baik (Towards Better BPS).


judul
Maskot Riset 1
Metodologi Survei Online

Survei online menjadi sudah menjadi tren pengumpulan data dalam dua dekade terakhir, namun masih menjadi hal baru di Indonesia. Oleh karena itu, riset 1 PKL Tahun Ajaran 2020/2021 berfokus pada kajian metodologi survei online yang diharapkan dapat meminimalisasi permasalahan yang ditimbulkan dan mengoptimalkan kualitas data yang dikumpulkan dari pelaksanaan survei online. Selain itu, riset 1 juga melakukan kolaborasi dengan riset lainnya dalam pengumpulan data dengan sensus dan survei online.


Tingkat Kepuasan Kerja Pegawai BPS

Maps Maps

Bagaimana tingkat kepuasan kerja pegawai BPS di setiap unit kerja?

Maskot Riset 2

Maskot Riset 3

Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di BPS

Mitigasi dan kesiapsiagaan bencana merupakan hal penting yang sering kali diabaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan instansi pemerintah yang tesebar di seluruh wilayah Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, BPS juga memiliki potensi untuk terkena bencana. Hingga saat ini, BPS belum memiliki data mengenai mitigasi & kesiapsiagaan bencana pada tiap-tiap satuan kerja BPS. Untuk itu, melalui Riset III dilakukan penelitian mengenai Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di Badan Pusat Statistik. Output yang dihasilkan dari Riset III ini adalah Indeks Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana BPS yang dilihat dari sisi pegawai dan satuan kerja serta determinan tingkat mitigasi dan kesiapsiagaan bencana BPS.

Tingkat Kepuasan Pengguna Data BPS

Pelayanan PST yang tersedia di BPS antara lain :

Perpustakaan
Perpustakaan
Penjualan Data
Penjualan Data
Konsultasi
Konsultasi
Romantik
Romantik
Livechat
Live Chat

Seberapa puas kah pengguna data terhadap pelayanan statistik yang diberikan BPS seluruh Indonesia ?

Maskot Riset 4

Maskot Riset 5

Pengembangan Sistem Informasi Database Alumni AIS/STIS/Politeknik Statistika STIS

Alasan riset 5 berbeda dari dari riset lain.

Alasan riset 5 berbeda dari dari riset lain.

Satu-satunya riset (inget riset, bukan bidang) yang mayoritas anak KS
Topik Riset 5 ga nyentuh rumus statistik sedikitpun
Tiap minggu pasti ada rapat
Gaada timeline pra pencacahan, pencacahan, pasca pencacahan, adanya timeline sepanjang pkl

Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Politeknik Statistika STIS

80.95%

Tingkat Kepuasan

Maskot Riset 6
Sistem ini dikembangkan oleh tim IT PKL Politeknik Statistika STIS T.A. 2020/2021. Jika terdapat masalah atau ingin menghubungi kami, berikut kontak dari tim kami.