Keberhasilan proses penyelenggaraan kegiatan suatu perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang berkualitas dapat dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan-pelayanan di Politeknik Statistika STIS sangat penting diketahui agar dapat dilakukan penilaian, perbaikan, dan peningkatan kualitas setiap pelayanan.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) T. A. 2020/2021 melalui Riset 6 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Politeknik Statistika STIS melalui Indeks Kepuasan Mahasiswa yang akan merepresentasikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang dirasakan dari beberapa indikator setiap jenis pelayanan di Politeknik Statistika STIS. Selain itu akan dihasilkan indikator-indikator prioritas utama untuk peningkatan kualitas pelayanan di Politeknik Statistika STIS.
Pelayanan administrasi akademik merupakan sebuah pelayanan yang diberikan oleh unit BAAK yang melayani segala jenis layanan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan aspek akademis, seperti kehadiran dalam proses belajar mengajar dan nilai akademik.
Pelayanan administrasi kemahasiswaan merupakan sebuah pelayanan yang melayani segala jenis layanan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan aspek nonakademik seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Proposal Kegiatan, Permintaan Data, kedisiplinan, dan hal-hal lainnya di luar kegiatan belajar mengajar.
Pelayanan penyelenggaraan perkuliahan merupakan sebuah pelayanan yang mencakup proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara sistematis melalui tatap muka terjadwal, penugasan terstruktur, dan kegiatan belajar mandiri serta kegiatan akademik noncredit seperti seminar, kuliah umum, dan tutorial.
Pelayanan perpustakaan merupakan sebuah pelayanan penunjang di Politeknik Statistika STIS yang menjalankan fungsi pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Pelayanan umum merupakan sebuah pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa selain keempat pelayanan yang di atas seperti klinik, kantin, masjid kampus, peminjaman barang perlengkapan kegiatan seperti kabel, kamera, dan ruangan lain sebagainya.
Terdapat lima unsur yang digunakan dalam pengukuran kualitas pelayanan yang ada di Polstat STIS, yaitu Tangible (bukti fisik), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (keyakinan), dan Emphaty (empati).
Kapabilitas pemberi layanan untuk memberikan pelayanan dengan tanggap atas kebutuhan pengguna layanan
Kapabilitas pemberi layanan untuk memberikan pelayanan dengan tanggap atas kebutuhan pengguna layanan
Kapabilitas pemberi layanan untuk memberikan pelayanan dengan tanggap atas kebutuhan pengguna layanan
Kapabilitas pemberi layanan untuk memberikan pelayanan dengan tanggap atas kebutuhan pengguna layanan
Kapabilitas pemberi layanan untuk memberikan pelayanan dengan tanggap atas kebutuhan pengguna layanan
Kapabilitas penyedia layanan untuk memberikan layanan yang akurat dan terpercaya kepada pengguna layanan
Kapabilitas pemberi layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan sesuai dengan kecepatan, ketepatan, kemudahan kelancaran, dan kualitas pelayanan yang dijaminkan
Perhatian, keseriusan, simpatisme pengertian dan keterlibatan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pengguna layanan
Aktualisasi nyata yang dimiliki penyedia layanan guna membantu pelaksanaan pelayanan
Dibuat dengan penuh
© Divisi Pengolahan dan Visualisasi Data Bidang TI PKL 60 POLSTAT STIS T.A 2020/2021