BPS sebagai instansi penyedia data dan informasi statistik diharuskan untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna data. Evaluasi kinerja lembaga dapat dilakukan dengan Survei Kebutuhan Data (SKD).SKD diatur dalam Perka BPS Nomor 99 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Survei Kebutuhan Data di Lingkungan Badan Pusat Statistik. Namun, survei tersebut hanya dilakukan oleh internal BPS. Untuk memperbanyak dan memperkuat hasil survei yang dilakukan BPS dibutuhkan pihak selain BPS dalam melakukan survei terkait kepuasan masyarakat. Sehingga, hasil survei tersebut menjadi lebih independen.
Menganalisis segmentasi pengguna tidak langsung pelayanan PST BPS Pusat dan pelayanan Live Chat Provinsi.
Menganalisis kepuasan pengguna tidak langsung PST BPS Pusat melalui kualitas pelayanan berdasarkan jenis pelayanan.
Menganalisis kesamaan kualitas setiap jenis pelayanan tidak langsung di PST BPS Pusat.
Menganalisis kualitas data BPS secara umum menurut persepsi pengguna tidak langsung PST BPS Pusat.
Menganalisis kepuasan pengguna tidak langsung layanan fitur Live Chat pada situs web BPS Provinsi.
BPS Pusat dan 25 BPS Provinsi Seluruh Indonesia
Januari hingga Desember 2020
Pengguna Pelayanan dan Data BPS
Menurut Mosley (2008), pengertian kualitas data adalah level data yang menyatakan data tersebut akurat (accurate), lengkap (complete), timely (update), konsisten (consistent) sesuai dengan semua kebutuhan peraturan bisnis dan relevan.
Kualitas pelayanan adalah tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak ke pihak lain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya yang dirasa memenuhi harapan atau melebihi harapan pihak yang menerima pelayanan
BPS memiliki layanan statistik terintegrasi yang disebut Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Pelayanan secara langsung dan tidak langsung yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik yaitu sebagai berikut.
Berdasarkan kategori di dalam PermenPAN-RB nomor 14 tahun 2017, layanan tidak langsung BPS dianggap baik oleh penggunanya.
Berdasarkan kategori di dalam PermenPAN-RB nomor 14 tahun 2017, layanan tidak langsung BPS dianggap baik oleh penggunanya.
Dibuat dengan penuh
© Divisi Pengolahan dan Visualisasi Data Bidang TI PKL 60 POLSTAT STIS T.A 2020/2021