Riset 4

Tingkat Kepuasan
Pengguna Data BPS

Maskot Riset 4

Latar Belakang

BPS sebagai instansi penyedia data dan informasi statistik diharuskan untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna data. Evaluasi kinerja lembaga dapat dilakukan dengan Survei Kebutuhan Data (SKD).SKD diatur dalam Perka BPS Nomor 99 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Survei Kebutuhan Data di Lingkungan Badan Pusat Statistik. Namun, survei tersebut hanya dilakukan oleh internal BPS. Untuk memperbanyak dan memperkuat hasil survei yang dilakukan BPS dibutuhkan pihak selain BPS dalam melakukan survei terkait kepuasan masyarakat. Sehingga, hasil survei tersebut menjadi lebih independen.

Tujuan Penelitian

Menganalisis segmentasi pengguna tidak langsung pelayanan PST BPS Pusat dan pelayanan Live Chat Provinsi.

Menganalisis kepuasan pengguna tidak langsung PST BPS Pusat melalui kualitas pelayanan berdasarkan jenis pelayanan.

Menganalisis kesamaan kualitas setiap jenis pelayanan tidak langsung di PST BPS Pusat.

Menganalisis kualitas data BPS secara umum menurut persepsi pengguna tidak langsung PST BPS Pusat.

Menganalisis kepuasan pengguna tidak langsung layanan fitur Live Chat pada situs web BPS Provinsi.

Ruang Lingkup

Lokus Pencacahan
Cakupan Waktu

BPS Pusat dan 25 BPS Provinsi Seluruh Indonesia

Cakupan Waktu
Cakupan Waktu

Januari hingga Desember 2020

Populasi Target
Cakupan Waktu

Pengguna Pelayanan dan Data BPS

Variabel Utama

Kualitas Data

Kualitas Data

Kualitas Data

Menurut Mosley (2008), pengertian kualitas data adalah level data yang menyatakan data tersebut akurat (accurate), lengkap (complete), timely (update), konsisten (consistent) sesuai dengan semua kebutuhan peraturan bisnis dan relevan.

Kepuasan Pelayanan

Kualitas pelayanan adalah tindakan yang dilakukan oleh suatu pihak ke pihak lain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya yang dirasa memenuhi harapan atau melebihi harapan pihak yang menerima pelayanan

Kepuasan Pelayanan

Kepuasan Pelayanan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST)

BPS memiliki layanan statistik terintegrasi yang disebut Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Pelayanan secara langsung dan tidak langsung yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik yaitu sebagai berikut.

Perpustakaan
Perpustakaan
Penjualan Data
Fata Mikro
Konsultasi
Konsultasi
Romantik
Romantik
Live Chat
Live Chat

Jumlah Responden

1.565

Pengguna Data BPS
Seluruh Indonesia

Hasil Penelitian

IKP
Indeks Kepuasan Pelayanan Total

Indeks Kepuasan Pelayanan Total

Berdasarkan kategori di dalam PermenPAN-RB nomor 14 tahun 2017, layanan tidak langsung BPS dianggap baik oleh penggunanya.

Indeks Kepuasan Total
Indeks Kepuasan Pelayanan Total

Berdasarkan kategori di dalam PermenPAN-RB nomor 14 tahun 2017, layanan tidak langsung BPS dianggap baik oleh penggunanya.

Dibuat dengan penuh

© Divisi Pengolahan dan Visualisasi Data Bidang TI PKL 60 POLSTAT STIS T.A 2020/2021