Pelatihan PCL

Pelatihan Petugas Pencacah Lapangan (PCL) berlangsung selama empat hari pada Sabtu (22/01) hingga Selasa (25/01) diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat III Politeknik Statistika STIS sebagai peserta pelatihan. Pelatihan PCL dikoordinasikan oleh Survei Pendahuluan dan Pelatihan Petugas (SP3), Instruktur Utama (Intama), dan Instruktur Kampus (Inkamp).

Sebagai permulaan pelatihan, diadakan pre-test pada hari pertama yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan setiap pencacah lapangan mengenai risetnya masing-masing. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Inkamp tentang konsep dan definisi sesuai dengan buku pedoman, serta teknik wawancara dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh responden.

Pada hari kedua pelatihan PCL, peserta diberikan paparan mengenai metode wawancara, yaitu menggunakan CAPI, PAPI, dan Telephone Interviewing. Selanjutnya, pada hari ketiga, Inkamp menjelaskan tentang penggunaan SW Maps dan Peta WB, pemecahan masalah di lapangan, serta kasus batas setiap riset yang tertera di buku pedoman. Mulai hari pertama pelaksanaan pelatihan PCL, diadakan kuis setiap paparan selesai yang diberikan oleh Inkamp, tidak termasuk Riset 1.

Pelaksanaan pelatihan PCL pada hari keempat berisi agenda role playing dengan tujuan mempraktikkan teori yang sudah dipaparkan selama tiga hari sebelumnya. Dalam role playing ini, peserta pelatihan diposisikan seolah-olah berada di lapangan dan melakukan listing maupun pencacahan pada responden. Usai sesi role playing, dilakukan post-test sebagai pengukur pemahaman peserta setelah mendapatkan pelatihan selama empat hari. Khusus Riset 1, post-test dilaksanakan pada hari ketiga seusai paparan diberikan.

Dokumentasi Pelatihan PCL

Gambar 1 - Pelatihan PCL

Gambar 2 - Pelatihan PCL

Gambar 3 - Pelatihan PCL