Riset PKL 60


Riset 1
Metodologi Survei Online

Survei online merupakan jenis survei dimana responden menjawab kuesioner secara mandiri dan online melalui internet. BPS sebagai lembaga penyediaan data statistik nasional menerapkan metode pendataan online pertama kali pada Sensus Penduduk Online bulan Februari 2020 lalu. Metode ini semakin banyak dibahas mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang membatasi pergerakan masyarakat dan teknologi yang berkembang, termasuk dalam pencacahan atau pengumpulan data. Sensus maupun survei online adalah hal baru di Indonesia. Sehingga perlu dilakukannya kajian untuk meminimalisasi permasalahan yang ditimbulkan dari pelaksanaannya dan mengoptimalkan kualitas data yang dikumpulkan. Oleh karena itu, PKL Tahun Ajaran 2020/2021 Riset 1 berfokus mengkaji kelemahan serta kendala yang muncul akibat survei yang dilakukan secara online oleh lembaga pemerintahan khususnya BPS serta untuk mendukung perkembangan teknologi di era pandemi COVID-19 di Indonesia.

Ketua Riset 1

Ni Nyoman Ria Sugiandewi

-

Riset 2
Tingkat Kepuasan Kerja Pegawai BPS

BPS memiliki pegawai yang memiliki tanggung jawab sesuai dengan jabatan serta tugas yang diberikan kepadanya. Pegawai BPS tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan ada perbedaan beban kerja berdasarkan jabatan serta daerahnya. Kelompok umur atau generasi juga menyebabkan adanya perbedaan karakteristik antargenerasi.
Oleh karena itu, PKL tahun ajaran 2020/2021, Riset 2 mengukur dan membandingkan kepuasan kerja pegawai BPS berdasarkan jabatan, daerah, dan generasi. Pengukuran kepuasan kerja memberikan gambaran umum kepuasan kerja pegawai dalam bentuk Indeks Kepuasan Kerja. Indeks ini berguna untuk evaluasi dalam meningkatkan kepuasan kerja pegawai BPS. Pengukuran tingkat kepuasan dapat didampingi dengan pengukuran pemahaman sistem. Sistem yang dimaksud adalah sistem manajemen sumber daya manusia. Selain itu, Riset 2 menganalisis faktor yang memengaruhi kepuasan kerja serta pengaruhnya terhadap kinerja pegawai BPS serta perbedaan harapan dan kepuasan kerja pegawai di BPS berdasarkan jabatan, daerah, dan generasi untuk mengetahui indikator yang perlu ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar kebijakan untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai BPS tepat sasaran.

Ketua Riset 2

Bagaskoro Cahyo Laksono

-

Riset 3
Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di Badan Pusat Statistik

Mitigasi dan kesiapsiagaan bencana merupakan hal penting yang sering kali diabaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan instansi pemerintah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, BPS juga memiliki potensi untuk terkena bencana. Hingga saat ini, BPS belum memiliki data mengenai mitigasi dan kesiapsiagaan bencana pada tiap-tiap satuan kerja BPS. Untuk itu, PKL tahun ajaran 2020/2021 melalui Riset III melakukan penelitian tentang Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di Badan Pusat Statistik. Output yang dihasilkan dari riset III ini adalah indeks mitigasi dan kesiapsiagaan bencana BPS yang dilihat dari sisi pegawai dan satuan kerja serta determinan tingkat mitigasi dan kesiapsiagaan bencana BPS. Output-output tersebut akan disajikan melalui Sistem Informasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana BPS.

Ketua Riset 3

Muhammad Alfaris Kurniawan

-

Riset 4
Tingkat Kepuasan Pengguna Data BPS

Data adalah bahan dasar dalam proses pengambilan kebijakan oleh pimpinan organisasi. Badan Pusat Statistik (BPS) selaku instansi penyedia data di Indonesia bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan data dan informasi statistik. Dalam menyebarluaskan data dan informasi statistik, BPS menyediakan unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Pemantauan pelayanan di PST BPS perlu dilakukan untuk peningkatan kualitas data dan informasi statistik serta pelayanan. Namun, di era pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah membatasi segala bentuk transaksi publik dengan tatap muka sehingga perlu adanya penyesuaian dalam pelayanan BPS. Oleh karena itu, pada PKL Tahun Ajaran 2020/2021, Riset IV bertujuan melihat kepuasan pengguna tidak langsung melalui kualitas pelayanan dan kualitas data BPS di PST BPS Pusat dan melihat kepuasan pengguna layanan fitur Live Chat di Website BPS Provinsi.

Ketua Riset 4

Fahriza Rianda

-

Riset 5
Pengembangan Sistem Database Alumni AIS, STIS, dan Polstat STIS

Sistem Informasi Database Alumni AIS/STIS/Politeknik Statistika STIS adalah sistem informasi yang di dalamnya memuat data mengenai alumni dari AIS/STIS/Politeknik Statistika STIS mulai dari Angkatan 1 hingga Angkatan 58 (yang baru lulus tahun 2020). Riset 5 berfokus pada pengembangan sistem informasi berbasis web sehingga diharapkan dapat memudahkan alumni dalam mendapatkan informasi-informasi mengenai alumni lainnya serta informasi mengenai Politeknik Statistika STIS itu sendiri. Riset 5 juga memilik tujuan untuk menjadi media dalam menghubungkan alumni dengan Politeknik Statistika STIS, membangun sistem informasi database alumni yang terautomasi, serta menjadi penyedia data alumni yang lengkap dan up to date.

Ketua Riset 5

Ahmad Azam Izudin

-

Riset 6
Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penyelenggaraan Kegiatan di Polstat STIS

Keberhasilan proses penyelenggaraan kegiatan suatu perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan sangat penting karena pelayanan yang memenuhi kebutuhan pengguna akan menentukan seberapa efektif dan efisien institusi pendidikan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) T. A. 2020/2021 melalui Riset 6 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Politeknik Statistika STIS melalui indeks kepuasan mahasiswa yang diharapkan dapat menjadi umpan balik guna menunjang keberhasilan tersebut. Diharapkan pula, instrumen dalam riset ini dapat dijadikan dasar untuk pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa yang kredibel dan berkelanjutan pada periode selanjutnya.

Ketua Riset 6

Afif Fathur Reza

-