Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama

Pada Jumat (13/01) dilaksanakan Seminar Safety Riding dan Pertolongan Pertama di Auditorium Politeknik Statistika STIS. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa tingkat 3 prodi DIV dan bertujuan untuk menambah kesiapan terkait keselamatan berkendara dan pertolongan pertama ketika pelaksanaan PKL.

Huda M. Fajar, selaku ketua PKL DIV 62, memberi sambutan untuk mengawali kegiatan tersebut. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Direktur I Politeknik Statistika STIS, Setia Pramana, Ph.D., dan sambutan dari Iptu Nana Sumarna dari Satlantas Kota Jakarta Timur.

Kegiatan seminar ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa pemaparan materi terkait Safety Riding yang disampaikan oleh Aiptu Moch. Sanusi S. Pada kesempatan tersebut, dijelaskan tentang cara berlalu lintas yang baik, persiapan sebelum berkendara, peraturan-peraturan yang harus ditepati, bahkan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang harus diperhatikan.

Seminar Safety Riding ditutup dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan pemateri. Pertanyaan tentang bagaimana jika terdapat pengendara lain yang tidak berhati-hati, bagaimana cara mengetahui karakteristik jalan, maupun bagaimana cara mengantisipasi terlibatnya mahasiswa pada tidak kejahatan jalan ditanyakan pada kesempatan tersebut.

Sesi kedua yaitu Seminar Pertolongan Pertama dengan pemateri Suheri dan Ahmad Bukhori dari PMI Kota Jakarta Timur. Materi yang disampaikan yaitu mengenai perdarahan, syok, cedera, dan penanganannya.

Dilanjutkan dengan sesi praktik yang melibatkan mahasiswa dengan tujuan menyempurnakan pemahaman terhadap materi yang telah diterima. Inti dari kegiatan tersebut adalah menekankan bahwa pertolongan pertama selalu memperhatikan 3 hal, yaitu nyawa, cegah cacat, dan kenyamanan korban.

Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan merchandise dan sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada pemateri serta sesi foto bersama.