Pelepasan Mahasiswa PKL D-IV 62

Pelepasan mahasiswa PKL D-IV 62 dilaksanakan dengan apel pelepasan mahasiswa pada Minggu (22/01) di Auditorium Politeknik Statistika STIS. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang akan melakukan kegiatan PKL di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Apel dimulai pada pukul 07.15 WIB dengan Adit Kholiq sebagai pemimpin apel dan Prof. Setia Pramana, Ph. D. sebagai pembina apel. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan bahwa praktik kerja lapangan (PKL) merupakan salah satu bagian dari mata kuliah di perguruan tinggi vokasi. Secara khusus, kegiatan PKL di Polstat STIS membawa mahasiswa untuk mempelajari proses bisnis dalam pengelolaan data dari awal sampai akhir mulai dari specify needs, desain, hingga pencacahan lapangan yang akan dimulai pada Senin (23/01).

Praktik kerja lapangan ini juga merupakan miniatur dari kegiatan statistik di BPS. Mahasiswa akan belajar mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari selama berkuliah di Polstat STIS. Prof. Setia juga menyampaikan bahwa nantinya tentu akan ada banyak penyesuaian di lapangan tergantung teknis yang dihadapi mahasiswa. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan individu saja, tetapi juga proses kelompok yang tentunya memerlukan koordinasi dan kolaborasi yang baik dan sistematis, baik antaranggota dalam tim maupun antartim. Melalui serangkaian proses inilah mahasiswa harus mampu memastikan bahwa tujuan akhir kegiatan ini dapat diselesaikan hingga tuntas.

Selain dari segi keilmuan, kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dan memberikan kesan yang baik kepada masyarakat di lokus PKL juga sangat penting. Mahasiswa diharapkan dapat berinteraksi dengan masyarakat dan bisa berkoordinasi dengan lembaga pemerintah mulai dari ketua SLS, perangkat desa dan komponen lain di masyarakat setempat. Selain itu, keselamatan mahasiswa juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Kegiatan PKL ini akan dilakukan di empat lokus yang tentu saja memiliki kondisi alam yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu mengutamakan kesehatan, keamanan, dan keselamatan diri, rekan, dan barang bawaan selama kegiatan lapangan berlangsung.

Terakhir, Prof. Setia menyampaikan harapannya agar kegiatan PKL mahasiswa ini bisa memberikan warna yang baik kepada kedua institusi yang diwakili, yaitu Polstat STIS dan BPS. Mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan baik, menjaga kebersihan sekitar, dan mampu menjalankan setiap rencana kegiatan dengan lancar dan hambatan yang dapat diminimalisasi. Apel pelepasan mahasiswa ini diakhiri dengan penyerahan instrumen PKL secara simbolis dari pembina apel kepada dua perwakilan mahasiswa.