Pelatihan Kuesioner

Kegiatan Pelatihan Kuesioner telah dilaksanakan pada hari Minggu (06/11) secara daring melalui platform Zoom dan dihadiri oleh anggota kuesioner riset I–IV. Pelatihan ini membahas mengenai desain kuesioner dan menghadirkan Achmad Prasetyo, S.Si., M.M. sebagai pemateri.


Gambar 1. Penyampaian Materi oleh Bapak Achmad Prasetyo, S.Si, M.M

Sebagai proses bisnis statistik pada tahap build, pembuatan kuesioner harus dilakukan secara baik dan benar. Desainer perlu memahami tata cara mendesain kuesioner, mulai dari syarat mendesain kuesioner, susunan variabel, sampai bentuk dan tampilan kuesioner. Pengetahuan mengenai ketentuan-ketentuan tersebut dijelaskan melalui pelatihan ini.


Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Beberapa pertanyaan yang diajukan seperti bagaimana bentuk tabulasi variabel, bagaimana cara membuat kode, bagaimana menyesuaikan beban responden, maupun pertanyaan lainnya telah terjawab dengan baik oleh pemateri. Pelatihan diakhiri dengan agenda praktik pembuatan kuesioner dan pengerjaan post-test.


Setelah mengikuti Pelatihan Kuesioner ini, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan tata cara mendesain kuesioner yang tepat dan efisien dalam pelaksanaan PKL D-IV 62. Dengan demikian, kegiatan PKL akan terlaksana secara optimal dan mencapai tujuan sesuai rencana.

Dokumentasi Pelatihan Kuesioner

Gambar 2. Peserta Pelatihan Kuesioner

Gambar 3. Peserta Pelatihan Kuesioner