Pelatihan Kesekbend I

Pelatihan Kesekbend I telah dilaksanakan pada Minggu (30/10) secara daring melalui Zoom Meeting. Pelatihan ini diadakan atas dasar pentingnya penyeragaman dokumen dan arsip kegiatan PKL D-IV 62 di setiap Riset, Bidang, serta bagian-bagian di bawahnya. Bendahara dan Sekretaris Umum PKL D-IV 62 bertindak sebagai narasumber yang memberikan penjelasan mengenai SOP dan format standar, baik dalam penyusunan rancangan anggaran maupun kelengkapan surat menyurat selama pelaksanaan PKL.


Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara Riset dan Bidang serta Sekbend dari Seksi/Divisi masing-masing Riset dan Bidang. Sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan penunjang kesekretariatan dan kebendaharaan PKL D-IV 62, pelatihan yang pertama ini berfokus pada penjelasan administrasi PKL D-IV 62 secara manual sebelum Sikoko siap digunakan. Selanjutnya, pelatihan penggunaan Sikoko untuk kepentingan kesekretariatan dan kebendaharaan direncanakan pada Pelatihan Kesekbend II.


Gambar 1. Materi Pelatihan Kesekbend I


Dalam rangka efektifitas penyampaian materi, ruang virtual Zoom Meeting dibagi menjadi dua breakout room dengan fokus masing-masing di bidang kesekretariatan dan kebendaharaan. Di ruang kesekretariatan, Berliana Sugiarti Putri dan Aisyah Azizah Nur Rahmah selaku Sekretaris I dan II PKL D-IV 62, secara garis besar memaparkan alur koordinasi kesekretariatan, tugas sekretaris, SOP PKL D-IV 62, ketentuan rapat, dokumen penting, alur peminjaman ruangan, keyword PKL D-IV 62, serta penggunaan EYD dan KBBI. Sedangkan di ruang kebendaharaan, Rahmi Elfa Adilla selaku Bendahara PKL D-IV 62, menjelaskan mengenai tugas bendahara, keuangan PKL D-IV 62, penyusunan rancangan anggaran, rencana anggaran awal, sistematika pelaporan keuangan, timeline, berkas kebendaharaan, berkas kebendaharaan, dan catatan tambahan lainnya. Setelah diadakan pelatihan ini diharapkan pelaksanaan tugas kesekretariatan dan kebendaharaan PKL D-IV 62 menjadi lebih sistematis dan mampu dijalankan dengan lebih efisien.