Grand Opening PKL D-IV 62

Grand Opening PKL Prodi D-IV T.A. 2022/2023 telah dilaksanakan pada Selasa (24/1) . Bertempat di Gedung FEB Universitas Brawijaya, kegiatan pembukaan turut mengundang Ir. Atqo Mardiyanto, M.Si. (Sekretaris Utama BPS RI), Prof. Widodo, S.Si., M.Si., PhD.Med.Sc (Rektor Universitas Brawijaya), Dr. Erni Tri Astuti, M.Math (Direktur Politeknik Statistika STIS), Dr. Dadang Hardiwan, S.Si., M.Si. (Kepala BPS Provinsi Jawa Timur), Drs. H. Sutiaji (Walikota Malang), Ir. Surya Astuti, M.M. (Kepala BPS Kabupaten Malang), Erny Fatma Setyoharini, SE. (Kepala BPS Kota Malang), serta Drs. Parjan, M.Si. (Kepala BPS Kota Batu).







Dalam laporannya, Direktur Politeknik Statistika STIS menyebutkan bahwa kegiatan PKL D-IV 62 diharapkan bisa membentuk mahasiswa menjadi insan statistisi yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman. Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur siap mendukung kegiatan lapangan PKL D-IV 62 yang berlangsung selama 10 hari di Surabaya dan Malang Raya.


Data statistik selalu menjadi penyokong utama dalam pembangunan sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi tema yang diangkat bertajuk “Revitalisasi Sektor Pariwisata Pasca Pandemi” yang sangat relevan dengan keadaan saat ini. Dalam sambutannya, Walikota Malang berharap sektor pariwisata dapat menjadi kontributor terbesar terhadap devisa negara dan Indonesia menjadi mercusuar dunia.


Terdapat 4 riset yang mengkaji masalah-masalah terkait tema tersebut. Kegiatan PKL kali ini dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beragam potensi wisata. BPS menggunakan berbagai metode pengumpulan data, salah satunya adalah dengan menggunakan Mobile Positioning Data (MPD) untuk mengatasi kelemahan metode konvensional. Hal tersebut akan diteliti oleh Riset 1 dengan topik “Kajian Pemanfaatan Mobile Positioning Data dalam Menunjang Statistik Pariwisata” yang akan dilakukan di Kota Surabaya dan Kota Malang.


Pariwisata berhubungan erat dengan perjalanan wisatawan. Riset 2 yang mengusung topik “Pilot Survei Wisatawan Nusantara” akan berkolaborasi bersama Riset 1 untuk menyajikan statistik perjalanan wisata dalam kota wisatawan nusantara.Pilot survei yang dilakukan berfokus pada evaluasi kelayakan metode MPD untuk menunjang statistik pariwisata. Penelitian Riset 2 akan dilaksanakan di Kota Malang dengan harapan hasil pilot survei bisa dipertimbangkan oleh BPS pada Survei Wisatawan Nusantara.


Sektor pariwisata berjalan tanpa henti sebagai salah satu penunjang perekonomian negara. “Employment in Tourism Industries” merupakan topik dari Riset 3 yang akan mengukur tingkat sadar wisata dari tenaga kerja di industri pariwisata. Selain itu, penelitian juga akan memberi gambaran sosiodemografi, kualitas, serta dinamika tenaga kerja di industri pariwisata. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah dalam merencanakan pembangunan, promosi, serta investasi khususnya di Kabupaten Malang. Perkembangan teknologi juga mengambil peran dalam evolusi bidang pariwisata. Kemajuan ini tentu dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam berwisata. Kota Batu menjadi tempat penelitian dari Riset 4 yang bertajuk “Kesiapan Pemanfaatan TIK Unit Usaha Pariwisata dalam Menerapkan Smart Tourism Destination”. Penelitian ini akan membantu pemerintah Kota Batu untuk menyusun kebijakan dalam pemulihan sektor pariwisata serta memberikan saran mengenai pengembangan Smart Tourism Destination.

Perkembangan ilmu pengetahuan menjadikan data statistik sangat penting dan diperlukan sehingga dapat yang diperoleh dari berbagai metode harus lebih presisi. Sains data dan Machine Learning sebagai pengembangan ilmu statistik memerlukan sumber daya manusia yang mahir dan cerdas.



Sekretaris Utama BPS menegaskan bahwa data statistik harus tetap independen agar jelas dan sesuai dengan kondisi lapangan. Kegiatan PKL yang diikuti oleh 522 mahasiswa ini harus dilakukan dengan serius sehingga manfaat yang diharapkan bisa dicapai maksimal. Menjaga sopan santun dan tidak mengusik adat istiadat setempat menjadi penting demi kelancaran kegiatan lapangan. Kegiatan lapangan PKL D-IV 62 dibuka secara simbolis Ir. Atqo Mardiyanto, M.Si. selaku Sekretaris Utama BPS RI. Acara pembukaan diakhiri dengan penyerahan plakat apresiasi kepada masing-masing tamu undangan dan ditutup sesi dokumentasi.