Episode 2: Merajut, Melangkah pada Sebuah Jalan yang Berkilau

Oke, kita lanjut ke riset II yang full drama, ya!

Ternyata kisah-kisah yang menurut kita hanya terjadi di film-film, ada juga yang terjadi di dunia nyata loh, guys! Melalui PKL ini, khususnya ketika listing dan pencacahan, kita banyak menemukan hal-hal yang terlihat tidak masuk akal. Sampai-sampai kita sering bertanya ke diri sendiri, “kok bisa, sih?”, “kok ada, sih?”


Langsung saja kita baca cerita yang pertama,

“Busett, pas ngelisting ketemu responden yang punya 2 istri, 1 rumah, 1 KK, mana akur lagi.” Kata N.

Hah? Ternyata beneran ada ya poligami itu. Atau Mintou yang kurang main, ya? Hal kayak gitu sebenernya pilihan, sih. Tapi kalau Mintou, tentunya enggak mau diduain >_<


Lanjut ke cerita kedua,

Kalau F tadi dikejar anjing, R ini beda lagi.

“PKL ini bener-bener ngeliatin beragam sifat manusia banget, sih. Mulai dari yang baik banget sampai yang benar-benar "ih" banget. Dulunya, aku mikir sifat yang "ih" banget ini cuman ada di pilem-pilem gitu, tapi ternyata ... manusia kek gitu bener-bener ada.” kata M.

Tuh, kan, kapan lagi kita dapet pengalaman-pengalaman di luar nurul, eh nalar. Inget ya, pengalaman di PKL ini masih secuil aja, loh! Nanti waktu kerja kita bakal dapat pengalaman yang lebih wadidaw. Siapa yang enggak sabar buat kerja cung tangan! Hehehe.


“Ditolak responden lebih sakit daripada ditolak doi ternyata :( ada suatu momen, aku nangis di jalan gara-gara ga dibukain pintu terus :( bahkan ada yg ngobrol sama aku tapi lewat jendela saking gamau bukain pintu buat aku :( #tetapketukpintuwalausambilnangis.” Cerita Anonim

Duh, enggak kebayang gimana rasanya ngewawancarai orang lewat jendela. Penuh perjuangan banget berarti, ya :( siapapun kamu, kamu udah melakukan yang terbaik <3


Lanjuttt…

“Hari kedua listing, ketemu rumah isinya 2 keluarga, suami istri 2 pasang, tuna netra semua, tapi tetap nerima kunjunganku, nyuruh masuk, mau diwawancarai, orangnya ramah" pula. Aing jadi terharu.” Kata Bc.

Seneng banget, deh, kalau ketemu orang baik kayak gitu. Enggak peduli keadaannya gimana, enggak peduli statusnya apa, yang penting mereka tetap berusaha untuk selalu berbuat baik. Hmm, Mintou jadi ikut terharu :’)


Cukup sekian cerita dari Riset II, ya! Untuk cerita-cerita kurang baik, mari kita jadikan pelajaran, dan untuk cerita baik, mari kita ambil hikmahnya, okay?