Webinar Diseminasi Hasil PKL

Di tulis oleh ROFIN SUMARANI BOMBANG pada Jumat, 17 September 2021

Sebagai bentuk publikasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL), telah dilaksanankan Webinar Diseminasi Hasil PKL Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengusung tema “Sinergi dalam jarak untuk mewujudkan kualitas dan kinerja BPS yang lebih baik”. Acara diselanggarakan pada Jumat, 10 September 2021 melalui media Zoom Meeting dan Livestream Youtube. Acara yang dimulai pukul 07.45 ini dihadiri oleh jajaran pimpinan BPS baik pusat maupun daerah, dosen, dan mahasiswa Polstat STIS.

Mengawali acara adalah pembacaan doa disusul menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga mars Polstat STIS. Acara  lalu dilanjutkan dengan sambutan dar Direktur Polstat STIS, Ibu Dr. Erni Tri Astuti, M.Math. Dalam sambutannya Ibu Erni berharap agar hasil-hasil PKL selain dapat bermanfaat bagi mahasiswa juga dapat bermanfaat bagi BPS. Ibu Erni juga mengucapakan terimakasih kepada pimpinan BPS pusat maupun daerah yang telah menerima mahasiswa melakukan kegiatan PKL di kantor BPS.

Candra Kurniwan selaku ketua PKL Tahun Ajaran 2020/2021 juga berbicara untuk menyampaikan laporan kegiatan PKL. Adanya pandemi Covid-19 telah memaksa koordinasi kegiatan dan pengumpulan data PKL dilakukan secara online. Walaupun begitu pengumpulan data juga dilakukan secara offline bagi kantor BPS yang di daerahnya terdapat mahasiswa.

Acara dilanjutkan dengan pemerian keynote speech dari Kepala BPS, Bapak Dr. Margo Yuwono, S.Si., M.Si. Bapak Margo mengucapkan selamat kepada mahasiswa Polstat STIS yang telah menyelesaikan PKL walaupun tidak mudah karena adanya pandemi Covid-19. Beliau juga mengapresisasi inovasi yang dilakukan para mahasiswa untuk mengatasi keterbatasan mobilitas.

Menyusul setelah sambutan adalah acara inti yaitu pemaparan hasil PKL Tahun Ajaran 2020/2021 yang dimoderatori oleh Pratitis Nandiasoka. Bertindak sebagai presenter dalam sesi ini adalah I Wayan Gede Angga Krismawan dan Eka Arini Sangkuati. Dalam kesempatan ini dipaparkan bagaimana hasil PKL dari masing-masing riset. Seusai pemaparan lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Pada sesi diskusi diberikan kesempatan kepada bapak dan ibu yang menjadi subject matter riset terkait untuk memberikan tanggapan. Sedangkan pada sesi tanya jawab, seluruh peserta webinar dapat mengajukan pertanyaan melalui tautan yang diberikan.

Walaupun dilaksanakan secara daring, peserta tetap antusias dalam mengikuti webinar kali ini. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang masuk untuk tiap-tiap riset PKL. Acara lalu ditutup dengan persembahan dari paduan suara mahasiswa Polstat STIS.