Rapat Akbar III

Di tulis oleh MUHAMMAD KHAIRI ALBANNA S. pada Minggu, 15 Agustus 2021

Pada Sabtu (30/01) telah terlaksana Rapat Akbar III PKL Angakatan 60. Rapat dilaksanakan melalui Zoom Meeting Room dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa tingkat III Politeknik Statistika STIS.

Pada Rapat Akbar III ini dipaparkan secara lengkap mengenai PKL Angakatan 60 oleh I Wayan Gede Angga Krismawan dan Nabila Anindita. Acara dilanjutkan dengan launching website PKL dan pemaparan jobdecs struktur lapangan oleh M. Yasqi Imanda. Selain itu dipaparkan pula mekanisme pencacahan, plotting, dan timeline PKL bulan Februari yang disampaikan langsung oleh ketua PKL Candra Kurniawan. Kegiatan PKL Angkatan 60 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 15-28 Februari 2021.

Rapat Akbar II kali ini berfokus kepada mekanisme pelaksanaan pencacahan baik secara online maupun offline. Dalam sesi tanya jawab tersebut, para peserta bertanya mengenai permasalahan yang mungkin timbul sebelum pencacahan maupun selama pencacahan nantinya.

Salah satu pertanyaan yang disampaikan salah satu peserta rapat adalah baaimana jika PCL ditugaskan untuk melakukan pencacahan di BPS RI padahal PCL tersebut tidak memilih BPS RI sebagai satker untuk melakukan pencacahan. Pertanyaan ini dijawab langsung oleh M. Yasqi Imanda selaku Koordinator Lapangan PKL 60. Dia menjelaskan bahwa penempatan satker disesuaikan dengan sampel yang tersedia. Jika sampel di satker lain sudah sudah terpenuhi oleh PCL yang lain, maka mahasiswa tersebut (yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya) akan di-plotting ke BPS RI.

Karena dilakukan selama pandemi Covid19, salah satu peserta bertanya mengenai kepastian akan diadakannya pencacahan secara offline. Candra Kurniawan menjelaskan bahwa hal mengenai kepastian akan diadakannya pencacahan secara offline dengan mendatangi satker terkait masih menunggu konfirmasi dari Pimpinan BPS dan Polstat STIS dan akan segera diinfokan segera kepada para PCL agar tidak terjadi simpang siur berita mengenai pencacahan offline ini.