Praktek Kerja Lapangan Tingkat III TA 2020/2021 Politeknik Statistika STIS

Di tulis oleh MUHAMMAD KHAIRI ALBANNA S. pada Selasa, 01 Juni 2021

Praktek Kerja Lapangan merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat III di Politeknik Statistika. Kegiatan PKL mengambil topik yang berbeda setiap tahunnya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana PKL dilaksanakan secara offline, Praktek Kerja Lapangan TA 2020/2021 dilaksanakan secara online. Hal ini dilator belakangi pandemic COVID-19 yang menjangkit dunia sehingga seluruh mahasiswa Politeknik Statistika STIS harus melaksanakan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Cakupan wilayah pada PKL kali ini merupakan seluruh wilayah Indonesia. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Angkatan 60.

Ketua terpilih pada Praktek Kerja Lapangan TA 2020/2021 adalah Candra Kurniawan yang didampinging oleh wakil ketua yaitu M. Yasqi Imanda. Praktek Kerja Lapangan TA 2020/2021 mengambil tema Menuju BPS yang Lebih Baik (Towards Better BPS). Terdapat enam riset atau kajian yang diambil pada PKL ini, yaitu:

    Riset 1 : Kajian Metodologi Survei Online

    Riset 2 : Tingkat Kepuasan Kerja Pegawai BPS

    Riset 3 : Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Pusat Statistik

    Riset 4 : Tingkat Kepuasan Pengguna Data BPS

    Riset 5 : Pembangunan Sistem Database Alumni AIS, STIS, dan Polstat STIS

    Riset 6 : Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Politeknik STIS

Melalui keenam riset atau kajian ini diharapkan dapat membawa BPS dan Polstat STIS menjadi lebih baik.

PKL tahun ini memiliki maskot yang merepresentasikan seluruh elemen pada PKL TA 2020/2021. Maskot tersebut bernama Pekaelmon. Pekaelmon merupakan seekor kucing yang memiliki 9 nyawa, dengan maskot kucing diharapkan mahasiswa tingkat 3 akan menjadi tahan banting untuk melaksanakan PKL dimasa pandemic COVID-19. Sinyal di kepala pekaelmon melambangkan bahwa PKL dilaksanakan secara daring. Kepala monitor menggambarkan bahwa mahasiswa tingkat 3 mengikuti PKL melalui monitor dan saling terhubung. Sedangkan ekor dengan 3 warna melambangkan warna BPS, yaitu: biru, oranye, dan hijau.