Pencacahan Offline Hari Pertama

Di tulis oleh INDRI PUSPITA DEVI pada Kamis, 16 September 2021

Guna memberikan pembelajaran dan pengalaman mengenai pencacahan offline kepada mahasiswa tingkat 3 maka Praktik Kerja Lapangan T.A. 2020/2021 juga melakukan pencacahan offline. Pencacahan offline dilaksanakan dengan mewawancarai narasumber secara langsung di kantor Badan Pusat Statistik. Terkait dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan mahasiswa harus belajar dari rumah, maka lokasi BPS untuk melaksanakan pencacahan offline disesuaikan dengan tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Pencacahan offline yang dilakukan di kantor BPS ini merupakan bagian dari kajian Riset 2 mengenai Tingkat Kepuasan Kerja Pegawai BPS dan Riset 3 mengenai Tingkat Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Pusat Statistik. Kedua riset ini berkaitan dengan internal BPS.

Pencacahan offline akan berlangsung selama lima hari yang dimulai pada tanggal 22-26 Februari 2021. Pada hari pencacahan pertama, mahasiswa mendatangi masing-masing kantor BPS sesuai dengan lokasi pencacahan. Sebagaimana dianjurkan dalam SOP pencacahan offline, hari pencacahan pertama mahasiswa melakukan sosialisasi mengenai Praktik Kerja Lapangan T.A. 2020/2021 serta meminta ijin untuk melakukan pencacahan offline. Seluruh kegiatan pencacahan offline dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Mahasiswa memakai faceshield serta masker yang telah dibagikan sebelum pencacahan offline berlangsung.