Kuliah Pembekalan

Di tulis oleh MUHAMMAD KHAIRI ALBANNA S. pada Selasa, 01 Juni 2021

Dalam rangka persiapan PKL angkatan 60, pada Jumat, 16 Oktober 2020 telah terlaksana  kuliah umum pembekalan PKL Polstat STIS TA 2020/21. Acara pembekalan ini dilakukan secara daring melalui media Zoom Meeting serta dihadiri seluruh mahasiswa tingkat 3 dan para dosen pembimbing.

Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Nurdin Sobari yang menyampaikan materi tentang pengukuran tingkat kepuasan, Fery Irawan, S.Kom. yang membahas tentang pengukuran mitigasi dan kesiapsiagaan bencana, serta Elga Yulwardian, S.ST. yang berbicara tentang survei online.

Dalam pemaparannya mengenai tingkat kepuasan, Bapak Nurdin Sobari menjelaskan bahwa kepuasan merupakan suatu hal yang konstektual dan tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kepuasan yang merupakan perbandingan antara sesuatu yang didapatkan dengan ekspektasi (harapan) menurut beliau dipengaruhi oleh beberapa hal penting seperti pengalaman masa sebelumnya, word of mouth (rekomendasi dan testimoni), riview, apa yang dilakukan para pesain dan institusi lain serta apa yang dapat disediakan oleh penyedia jasa itu sendiri (dalam konteks PKL penyedia jasa merupakan Badan Pusat Statistik).

Lebih lanjut beliau memaparkan lebih detail mengenai karakteristik dari kepuasan itu sendiri, dimensi dari kualitas pelayanan berupa RATER (Reliabiity, Assurance, Tangibility, Empathy, Responsiveness), dan memberikan beberapa contoh mengenai dimensi kepuasan itu sendiri.

Selanjutnya, Bapak Fery Irawan memaparkan tentang Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana yang menjadi salah satu topik PKL kali ini. Beliau menjelaskan secara detail dan terperinci mengenai pengertian dan perbedaan dari Mitigasi dan Kesiapsiagaan bencana, dimensi yang digunakan dalam penelitian ini dan faktor-faktor yang memengaruhi mitigasi dan kesiapsiagaan. Sesi penjelasan beliau ditutup dengan penjelasan mengenai alat statistik yang sering digunakan dalam pengamatan dan penelitian mengenai mitigasi dan kesiapsiagaan bencana seperti InaRisk, Python dan JavaScript.

Kuliah pembekalan kali ini ditutup oleh penjelasan yang menarik mengani survei online yang disampaikan oleh Bapak Elga Yulwarian. Beliau memulai presentasinya denan menunjukkan peningkatan Digital Traffic Increment pada media-media sosial yang ada seperti Facebook, Netflix dan Youtube sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang memaksa orang untuk tetap dirumah. Beliau memaparkan secara detail mengenai keuntungan dari survei online, keterbatasan yang dihadapi serta strategi yang diperlukan agar survei online dapat berjalan optimal.